Items where Division is "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika" and Year is 2020

Up a level
Export as [feed] Atom [feed] RSS 1.0 [feed] RSS 2.0
Group by: Creators | Item Type | No Grouping
Jump to: A | B | C | E | F | G | H | J | K | L | M | N | P | R | S | T | U | W
Number of items: 48.

A

ANNISA, NUR (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WINDOW SHOPPING (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS 1 MAN 1 Sukamanah). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

ANTIKA, INDRI (2020) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Islam Cipasung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/ 2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

ARYANI, INTAN YAN (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Cisayong). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

B

BAIHAQI, AHMAD (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

BAIHAQI, RAIS (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Raden Fatah Cimanggu Cilacap). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

C

CITRA, YUSLINGGA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GENDER DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

E

ERNAWATI, DEWI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTs Cipasung). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

F

FADILATUNNISA, DILLA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

FASIH, SOEMIYATI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN MULTIPLE INTELLIGENCES. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

FATONAH, LISNA HATI NURANI NUR (2020) EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Cibiuk). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

FAZRIN, YULIANI (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF – CONFIDENCE YANG PEMBELAJARANNYA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

FEBRIANTI, SILVIA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MENURUT FLORENCE LITTAUER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

G

GINANJAR, GILANG CAHYA (2020) ETNOMATEMATIKA: FILOSOFI DAN KONSEP MATEMATIS PADA KALENDER SUNDA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

H

HIDAYAT, YUSNIAR HANDAYANI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MATHEMATICAL RESILIENCE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

HILAL, SAMSUL (2020) ANALISIS BERPIKIR METAFORIS (METAPHORICAL THINKING) PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

J

JULIANTO, GIAN (2020) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

JUMIAWATI, ANGGRAENI (2020) PENERAPAN AUDIO MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP KECEMASAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Plus Pesantren Amanah). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

JUSTIKA, ASTI (2020) ANALISIS DIMENSI KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS PADA MATERI ALJABAR BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

K

KHAIRUNNISA, KHAIRUNNISA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN CARL GUSTAV JUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

KURNIATI, FITRI (2020) STUDI ETNOMATEMATIKA: MENGUNGKAP KONSEP MATEMATIKA PADA ADAT HITUNG BUDAYA SUNDA DI KECAMATAN TALEGONG KABUPATEN GARUT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

L

LESTARI, AMELIA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN FLORENCE LITTAUER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

LISTIANINGSIH, RISA (2020) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

M

MAULANA, HENDRI (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS DOMAIN KONTEN GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GENDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

maulida firdaus, deandra (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

N

NIDA YULIANTI ALAWIYAH, NENG (2020) ANALISIS BUTIR SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KERANGKA PENILAIAN TAKSONOMI TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) 2019. Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

NOVIANTI, HESTI (2020) ETNOMATEMATIKA: KAJIAN SEMIOTIKA POLA MATEMATIS BATIK GARUTAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

NURAENI, RANI (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENGEKSPLOR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

NURFAUZIAH, ISTI KHOLISHOH (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

NURHASAN, ANDINI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAKOGNISI (Penelitian Terhadap Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di MTs Negeri 1 Tasikmalaya). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

NURJAMAN, YADI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR MENURUT GREGORC. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

NURLATIFAH, CICI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY-MUMFORD. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

Nurjamil, Dedi and Heryani, Yeni (2020) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7 - E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 19 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

P

PUSPITASARI, AJENG (2020) PENERAPAN MODEL SITUATION BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMPT Putri Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Condong Tahun Pelajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

R

RAHMAWATI, TIARA NUR (2020) ANALISIS KOMPONEN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

RISYANTHI NURINTYAS, DESTY (2020) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SMP DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

S

SALSABILA, MIFTAH (2020) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

SANI WATY, MELI (2020) ANALISIS PROSES BERPIKIR KONVERGEN PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE GAYA BELAJAR KOLB. Pascasarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

SHOLIHAH, IRA HAFSAH PUTRI (2020) PROSES BERPIKIR KREATIF MATEMATIK ATLET CATUR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

SITI HISMAYANTI, WANGI (2020) PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Bayongbong). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

SUSILOWATI, HENDA IKA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI TAHAPAN BERPIKIR VAN HIELE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

SYARIFAH, NADA ZULAFI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

Sari, Septiarini Nurindah (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DISKALKULIA DI SEKOLAH INKLUSI (Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Inklusi Cakra Husada Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

T

TRESNA, MEILA (2020) STUDI ETNOMATEMATIKA PADA ANYAMAN BAMBU DI KECAMATAN JAMANIS KABUPATEN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

U

ULFAH, GHINA NUR AMALIA (2020) ABSTRAK GHINA NUR AMALIA ULFAH. 2020. ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MATHEMATICAL RESILIENCE. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis dan mengetahui kesulitan peserta didik ditinjau dari kategori Mathematical Resilience. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi. Teknik pengambilan datanya menggunakan think aloud methods. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan penalaran matematis, pemberian angket Mathematical Resilience Scales (MRS) dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal tes kemampuan penalaran matematis, angket MRS dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas IX-A di SMPN 1 Sumber. Penentuan subjek berdasarkan hasil analisis tes kemampuan penalaran matematis peserta didik yang mampu menjawab soal dengan memenuhi lima indikator penalaran matematis terlepas dari jawaban benar dan salah, mewakili setiap kategori Mathematical Resilience (MR) dan dapat mempertanggungjawabkan pekerjaannya sehingga dapat memberikan informasi yang jelas dan lengkap. Teknik analisis data yang digunakan yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal tes penalaran matematis peserta didik yang memiliki MR rendah menganggap soal tersebut rumit, sehingga peserta didik lebih cepat menyerah dan menjawab hanya pada apa yang diyakininya benar tanpa memaksimalkan penalarannya. Peserta didik tidak mampu menyimpulkan informasi dari suatu konsep yang diberikan, tidak mampu mengumpulkan fakta secara lengkap serta tidak mampu melakukan perhitungan dengan benar. Peserta didik dengan MR sedang, mampu menyelesaikan soal tes penalaran matematis yang diberikan dengan menggunakan konsep yang sudah dipelajarinya, akan tetapi peserta didik tidak mampu untuk mengingat nama dari salah satu konsep yang digunakannya. Peserta didik juga tidak mampu mengabstraksi pola�pola dalam menentukan salah satu faktor yang relevan. Peserta didik dengan MR tinggi, mampu merancang dan menerapkan strategi untuk menemukan solusi matematika, dimana peserta didik mampu menuliskan konsep apa yang harus digunakan untuk mendukung proses pengerjaan dengan jelas dan lengkap. Peserta didik dengan MR tinggi mampu memahami tingkat dan batas-batas konsep matematika sehingga dapat menemukan berbagai kemungkinan jawaban dalam menyelesaikan soal kemampuan penalaran matematis secara tepat. Pada saat mengerjakan tes kemampuan penalaran matematis, peserta didik dengan MR rendah mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep, prinsip dan menyelesaikan masalah verbal. Peserta didik dengan MR sedang mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep dan prinsip. Sedangkan, peserta didik dengan MR tinggi tidak mengalami kesulitan. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Mathematical Resilience, Kesulitan Peserta Didik. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

W

WAHYUNINGTYAS, LINA EKA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN FLORENCE LITTAUER (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

WALUYA, DEZAN ADI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL ENVIRONMENTAL LEARNING (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI MIA MAN 2 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

WIJAYANI, NIRMALA HAYU (2020) PROSES LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA PADA CONTENT SPACE AND SHAPE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

WILDAN, DWI KHOERUL (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

This list was generated on Sat May 28 04:49:29 2022 WIB.