ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MATHEMATICAL RESILIENCE

HIDAYAT, YUSNIAR HANDAYANI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MATHEMATICAL RESILIENCE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
11. BAB1.pdf

Download (363kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (807kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (394kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)

Abstract

ABSTRAK YUSNIAR HANDAYANI HIDAYAT. 2020. (ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN LOGIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MATHEMATICAL RESILIENCE). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan penalaran logis ditinjau dari mathematical resilience serta menganalisis kesalahan peserta didik dalam menjawab soal berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode penelitian eksploratif, dan teknik pengambilan data think aloud methods. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan penalaran logis dan kuesioner mathematical resilience serta wawancara tidak terstruktur. Pelaku dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX F SMP Negeri 7 Kota Cirebon yang berjumlah 35 orang lalu diambil 3 peserta didik sebagai subjek penelitian. Pengambilan subjek dengan pertimbangan yang mengerjakan soal kemampuan penalaran logis yang meliputi tujuh indikator mengumpulkan fakta; membangun dan menetapkan asumsi; menilai atau menguji asumsi; menetapkan generalisasi; membangun argumentasi yang mendukung; memeriksa atau menguji kebenaran argumen; dan menetapkan kesimpulan. Aktivitas dalam penelitian ini peserta didik menjawab soal kemampuan penalaran logis dan mengisi kuesioner mathematical resilience. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal tes kemampuan penalaran logis yang memiliki high mathematical resilience yaitu ketiga subjek dapat mengerjakan tujuh indikator kemampuan penalaran logis. Kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan penalaran logis yaitu S2 melakukan kesalahan pada tahap memahami (comprehension), keterampilan proses (process skill), dan penulisan jawaban (encoding), S20 melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses (process skill) dan penulisan jawaban (encoding), dan S27 melakukan kesalahan pada tahap memahami (comprehension), keterampilan proses (process skill) dan penulisan jawaban (encoding). Kata kunci: kemampuan penalaran logis, mathematical resilience, kesalahan tahapan newman

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:21
Last Modified: 21 Apr 2022 04:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5535

Actions (login required)

View Item View Item