ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY-MUMFORD

NURLATIFAH, CICI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR HONEY-MUMFORD. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK CICI NURLATIFAH. 2020. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Belajar Honey-Mumford . Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memiliki gaya belajar Honey-Mumford tipe teoris, reflektor, aktivis, dan pragmatis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-A SMPN 2 Mangunnreja.Subjek dalam penelitian ini 4 orang peserta didik dari setiap kelompok tipe gaya belajar diambil secara purposive. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket gaya belajar Honey-Mumford, tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sebagai instrumen utama kemudian dibantu dengan angket gaya belajar Honey-Mumford dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada tipe teoris yaitu subjek tidak membuat dugaan jawaban dan tidak menyusun argumen, subjek merefleksikan gambar kedalam ide matematika, subjek mengekspresikan permasalahan kedalam konsep matematika dengan menggunakan simbol matematika. (2) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada tipe reflektor yaitu subjek mampu membuat dugaan jawaban dengan benar, namun tidak dapat menyusun argumen, subjek tidak dapat merefleksikan gambar ke dalam ide matematika, subjek mengekspresikan konsep matematika dengan menggunakan simbol matematika. (3) Kemampuan komunikasi peserta didik pada tipe aktivis yaitu subjek tidak membuat dugaan jawaban dan tidak menyusun argumen subjek tidak mereflesikan gambar kedalam ide matematika, subjek mampu mengekspresikan konsep matematika dengan menggunakan konsep luas segitiga. (4) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada tipe teoris yaitu subjek tidak membuat dugaan jawaban dan tidak menyusun argument, subjek tidak mereflesikan gambar kedalam ide matematika subjek mampu mengekspresikan konsep matematika dengan Bahasa matematika. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar Honey-Mumford, Segitiga dan Segiempat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:12
Last Modified: 14 Feb 2022 01:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4620

Actions (login required)

View Item View Item