PENERAPAN AUDIO MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP KECEMASAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Plus Pesantren Amanah)

JUMIAWATI, ANGGRAENI (2020) PENERAPAN AUDIO MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP KECEMASAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Plus Pesantren Amanah). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsi-Anggraeni jumiawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK ANGGRAENI JUMIAWATI. 2020. Penerapan Audio Murottal Al-Qur’an terhadap Kecemasan dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas XI SMA Plus Pesantren Amanah). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecemasan dan hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya menerapkan audio murottal Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian one shot case study. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya yang terdiri dari 71 peserta didik. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kela XI IPA 2, sampel diambil dengan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket kecemasan matematika peserta didik dan soal tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif, dengan menganalisis kecemasan matematika peserta didik dan analisis tes hasil belajar matematika peserta didik. Berdasarkan analisis data mengenai penerapan audio murottal Al-Qur’an terhadap kecemasan matematika peserta didik dapat disimpulkan bahwa kecemasan matematika peserta didik rata-rata menunjukkan kriteria sedang, secara keseluruhan peserta didik yang mengalami kecemasan kriteria rendah sebanyak 5 peserta didik, kecemasan kriteria sedang 15 peserta didik, dan kecemasasn kriteria tinggi sebanyak 2 peserta didik. Analisis data hasil belajar matematika peserta didik rata-rata memenuhi KKM, data secara keseluruhan menunjukkan 17 peserta didik memenuhi KKM dan 5 peserta didik tidak memenuhi KKM. Rata-rata peserta didik menunjukkan hasil belajar kriteria baik, kriteria hasil belajar matematika peserta didik secara keseluruhan yaitu 1 peserta didik kriteria baik sekali, 16 peserta didik kriteria baik, 3 peserta didik kriteria cukup, dan 2 peserta didik kriteria kurang. Kata kunci: Audio Murottal Al-Qur’an, Kecemasan Matematika, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Feb 2022 05:28
Last Modified: 08 Feb 2022 05:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4521

Actions (login required)

View Item View Item