ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN BENTUK ALJABAR (Penelitian Terhadap Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Tasikmalaya)

AZIZAH, TIFANNI BELLA DINA (2020) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN BENTUK ALJABAR (Penelitian Terhadap Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER DAN JUDUL.pdf

Download (228kB)
[img] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
4 DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
5 BAB 1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
6 BAB 2.pdf

Download (423kB)
[img] Text
7 BAB 3.pdf

Download (291kB)
[img] Text
8 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
9 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

ABSTRAK TIFANNI BELLA DINA AZIZAH. 2020. Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Teori Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan pada Bentuk Aljabar (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal pecahan pada operasi Aljabar berdasarkan teori Kastolan beserta faktor penyebab terjadinya kesalahan. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan kesalahan dalam menyelesaikan soal pecahan pada operasi aljabar. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dengan pemberian soal tes, dilengkapi dengan wawancara dan dokumentasi terhadap peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Tasikmalaya. Subjek dipilih masing-masing dua orang berdasarkan jenis kesalahan yang terdapat pada teori Kastolan.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan konseptual, yang terdiri dari kesalahan dalam menggunakan rumus, atau teorema atau definisi, kesalahan dalam memilih rumus yang digunakan, kesalahan dalam penggunaan konsep Aljabar. Kesalahan prosedural terdiri dari peserta didik yang tidak bisa memanipulasi langkah-langkah yang sesuai untuk menjawab soal yang diberikan. Dan kesalahan teknikal terdiri dari ketidaktelitian peserta didik dalam mengerjakan soal seperti kesalahan perhitungan penjumlahan pecahan Aljabar maupun perkalian pecahan. Penyebab kesalahan konseptual yang dilakukan peserta didik dikarenakan kurangnya menguasai materi pecahan Aljabar dan kurangnya minat peserta didik untuk mempelajari materi diluar waktu kegiatan belajar mengajar. Penyebab kesalahan prosedural yang dilakukan peserta didik karena kurangnya berlatih dalam mengerjakan soal matematika dari guru maupun soal lainnya. Dan penyebab kesalahan teknikal yaitu peserta didik kurang teliti dalam menjawab soal dan kurangnya minat serta motivasi peserta didik untuk menemukan jawaban yang benar. Kata kunci: Analisis kesalahan, teori kesalahan Kastolan, pecahan pada operasi Aljabar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 30 Jun 2022 08:26
Last Modified: 30 Jun 2022 08:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6192

Actions (login required)

View Item View Item