EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Cibiuk)

FATONAH, LISNA HATI NURANI NUR (2020) EFEKTIVITAS MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Cibiuk). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (348kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (362kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (407kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (432kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (916kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (909kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)

Abstract

ABSTRAK Lisna Hati Nurani Nur Fatonah. 2020. Efektivitas Model Brain Based Learning (BBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas model Brain Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis peserta didik, (2) kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan model Brain Based Learning, dan (3) hubungan antara kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model Brain Based Learning. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Cibiuk, sampel diambil dengan menggunakan teknik Sampling cluster yaitu kelas VII B yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal tes kemampuan pemecahan masalah dan angket kemandirian belajar peserta didik. Penggolongan dan analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, hubungan kontingensi dan koefisien kontingensi. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data mengenai kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik dapat disimpulkan bahwa: (1) model Brain Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) kemandirian belajar peserta didik pada saat pembelajaran menggunakan model Brain Based Learning termasuk pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah pada saat pembelajaran menggunakan model Brain Based Learning. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar, Model Brain Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:30
Last Modified: 27 Dec 2021 04:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3704

Actions (login required)

View Item View Item