ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS DOMAIN KONTEN GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GENDER

MAULANA, HENDRI (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS DOMAIN KONTEN GEOMETRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GENDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
162151115_Hendri Maulana_ File Skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HENDRI MAULANA. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Domain Konten Geometri ditinjau dari Gaya Belajar dan Gender. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS domain konten geometri ditinjau dari gaya belajar dan gender. Teknik penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik think aloud dengan memperhatikan karakteristik siswa sesuai dengan yang diinginkan penulis. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP BPK Penabur Kota Tasikmalaya diambil 3 siswa laki-laki dengan kecenderungan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik, dan 3 siswa perempuan dengan kecenderungan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu think aloud (cara berpikir siswa yang diverbalkan) saat siswa menyelesaikan soal tes dan wawancara untuk mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Analisis kesalahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi kesalahan teori Newman tahun 2020. Berdasarkan hasil tes kesalahan yang dilakukan kepada 6 siswa yaitu: (1) Kesalahan pada tahap membaca dilakukan oleh subjek dengan gaya belajar auditori dan kinestetik pada kedua gender, hal ini terjadi karena siswa melakukan kesalahan pada saat mengidentifikasi informasi dan simbol matematika pada soal. Kesalahan pada tahap pemahaman dilakukan oleh semua subjek, hal ini terjadi karena siswa salah dalam menulis yang diketahui atau yang ditanyakan. Kesalahan pada tahap transformasi dilakukan oleh semua subjek laki-laki dan subjek perempuan dengan gaya belajar visual dan kinestetik, hal ini terjadi karena siswa melakukan kesalahan dalam menulis model matematika. Kesalahan pada tahap konstruksi dilakukan oleh semua subjek penelitian, kesalahan ini terjadi karena siswa menggunakan proses yang salah atau siswa mendapatkan jawaban yang salah. Kesalahan pada tahap mengkode atau penulisan jawaban dilakukan oleh semua siswa, hal ini terjadi karena siswa salah dalam menuliskan kesimpulan atau siswa tidak menuliskan kesimpulan. Kesalahan utama yang dilakukan oleh subjek laki-laki cenderung terjadi pada tahap pemahaman sedangkan kesalahan utama yang dilakukan oleh subjek perempuan cenderung terletak pada tahap tranformasi dan proses skill. Subjek penelitian laki-laki melakukan kesalahan lebih banyak dari pada subjek penelitian perempuan pada semua tahapan; Dan (2) Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu siswa tidak memahami konsep materi dan konsep materi prasyarat, siswa tergesa-gesa dalam melakukan perhitungan, siswa tidak memahami maksud soal, siswa mengira-ngira dalam menyelesaikan soal dan kesalahan siswa pada satu tahapan dapat dipengaruhi oleh kesalahan pada tahap sebelumnya. Kata kunci: Soal TIMSS Domain Konten Geometri, Analisis Kesalahan Newman, Gaya Belajar dan Gender.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 26 Sep 2022 08:02
Last Modified: 26 Sep 2022 08:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6820

Actions (login required)

View Item View Item