PENERAPAN MODEL SITUATION BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMPT Putri Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Condong Tahun Pelajaran 2020/2021)

PUSPITASARI, AJENG (2020) PENERAPAN MODEL SITUATION BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMPT Putri Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Condong Tahun Pelajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan model Situation Based Learning dan resiliensi matematis peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Situation Based Learning. Metode pada penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif jenis Metode Eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental design One Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII SMPT Putri Riyadlul ‘Ulum Wadda’wah Condong Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel diambil secara acak kemudian terpilih kelas VIII A sebanyak 30 orang dengan menggunakan model Situation Based Learning. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan matematis peserta didik dan angket resiliensi matematis. Pengumpulan data tes kemampuan pemecahan masalah matematis dilakukan dua kali pada awal dan akhir pembelajaran, sedangkan pemberian angket dilakukan setelah pembelajaran selesai. Teknik analisis data N-Gain dideskripsikan dan pengujian hipotesis menggunakan uji one sample t test dengan SPSS Versi 23. Dari hasil penelitian menunjukkan (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan model Situation Based Learning tergolong kategori tinggi; (2) Resiliensi matematis peserta didik dengan menggunakan penerapan model Situation Based Learning memiliki kategori sedang. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Situation Based Learning, Resiliensi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Jun 2021 02:34
Last Modified: 09 Jun 2021 02:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2487

Actions (login required)

View Item View Item