ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT

BAIHAQI, AHMAD (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 cover.pdf

Download (45kB)
[img] Text
5 abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
2 lembar pengesahan.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7 daftar isi.pdf

Download (31kB)
[img] Text
11 bab 1.pdf

Download (129kB)
[img] Text
12 bab 2.pdf

Download (246kB)
[img] Text
13 bab 3.pdf

Download (243kB)
[img] Text
14 bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
15 bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
16 daftar pustaka.pdf

Download (78kB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Baihaqi. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis serta kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari adversity quotient. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif eksploratif. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive dengan memperhatikan karakteristik peserta didik yang sesuai keinginan peneliti. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas X MIA 2 di MA Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Subjek AQ tipe quitters tidak ditemukan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, subjek penelitian ini terdiri dari tipe AQ peralihan quitters menuju campers, campers, campers menuju climbers, dan climber tiap tipe masing-masing 1 subjek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket Adversity Response Profile (ARP), tes kemampuan berpikir kritis matematis serta wawancara tak terstruktur, dilakukan secara think aloud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Peserta didik dengan tipe AQ peralihan quitters menuju campers, campers, peralihan campers menuju climbers, dan climbers memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis matematis, Tipe AQ peralihan quitters menuju campers dan peralihan campers menuju climbers memperoleh hasil yang kurang tepat, tipe campers dan climbers memperoleh hasil yang tepat: (2) Pada saat mengerjakan soal kemampuan berpikir kritis matematis, peserta didik tipe peralihan quitters menuju campers mengalami kesulitan dalam menggunakan prinsip dan masalah verbal. Tipe campers mengalami kesulitan ketika menggunakan prinsip dalam mengidentifikasi asumsi dan mengevaluasi argumen. Tipe peralihan campers menuju climbers, mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep dan prinsip. Tipe climbers mengalami kesulitan ketika menggunakan prinsip dalam mengidentifikasi asumsi. Kata Kunci: Berpikir Kritis Matematis, Adversity Quotient, Kesulitan Peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:35
Last Modified: 31 Mar 2022 04:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5254

Actions (login required)

View Item View Item