ANALISIS KOMPONEN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA)

RAHMAWATI, TIARA NUR (2020) ANALISIS KOMPONEN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS (TBLA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI+PRINT pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK TIARA RAHMAWATI NUR. 2020. Analisis komponen literasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komponen literasi matematis siswa yang terjadi pada segmen Ki, Sho, Ten dan Ketsu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan metode klinis interview dengan subjek penelitian siswa kelas IX MTs Al-Barokah Taraju Tasikmalaya. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Perangkat dokumentasi dalam penelitian ini adalah transkrip pembelajaran, alat tulis, video dan audio recorder. Perangkat observasi pada penelitian ini adalah lembar observasi sedangkan perangkat wawancara dalam penelitian ini adalah lembar wawancara alat tulis dan audio recorder. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Transcript Based Lesson Analisys. Teknik analisis ini digunakan untuk memahami pembelajaran dalam satu pelajaran dengan membagi menjadi 4 segmen yaitu ki, sho, ten dan ketsu untuk dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada komponen proses matematis muncul dalam segmen ki dengan 4 kemampuan yaitu communication, representation, reasoning and argument serta using symbolic, formal and technical language and operations, segmen sho muncul 6 kemampuan dimana terdapat satu kemampuan yang tidak muncul yaitu using mathematical tools, segmen ten memunculkan 3 kemampuan yaitu communication, reasoning and argument serta using symbolic, formal and technical language and operations, dan yang terakhir segmen ketsu memunculkan 2 kemampuan yaitu communication dan representation. Komponen content area muncul hanya dalam dua konten yaitu content quantity dan geometry. Tetapi dalam segmen ten hanya memunculkan content quantity saja dan pada segmen ketsu hanya memunculkan content geometry saja. Komponen situation and contexs hanya muncul dalam 3 segmen dimana tidak terdapat kemunculan situasi dan konteks dalam segmen ten. Kata kunci: Komponen literasi matematis, Pembelajaran Matematika, TBLA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Dec 2021 05:49
Last Modified: 06 Dec 2021 07:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3223

Actions (login required)

View Item View Item