ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL

FADILATUNNISA, DILLA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (484kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (243kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

ABSTRAK DILLA FADILATUNNISA. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari kecerdasan emosional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu think aloud methods, meliputi tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket kecerdasan emosional, dan wawancara tidak terstruktur. Intrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti dengan instrumen lainnya berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket kecerdasan emosional. Penentuan subjek dengan pertimbangan peserta didik yang mampu memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kreatif pada masing-masing kategori kecerdasan emosional serta dapat memberikan informasi secara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis subjek dengan kecerdasan emosional kategori tinggi sudah mampu menjelaskan ide secara lengkap, tepat, sistematis, menuliskan unsur yang diketahui, ditanyakan, secara lengkap sekaligus mengembangkannya, menggunakan berbagai cara berbeda untuk menyelesaikan permasalahan termasuk caranya sendiri serta memperinci langkah penyelesaian. Perbedaannya dengan kemampuan berpikir kreatif matematis subjek dengan kecerdasan emosional kategori sedang yaitu kurang sistematis serta sering mencoba bertanya kepada peneliti, tidak menuliskan unsur yang diketahui secara sistematis dan tidak menuliskan lagi yang ditanyakan di soal. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematis subjek dengan kecerdasan emosional kategori rendah mampu menjelaskan ide secara lengkap namun tidak sistematis, seringkali terdiam saat mengerjakan, tidak menuliskan unsur yang diketahui secara sistematis, menyelesaikan satu persatu pertanyaan yang ditulisnya sehingga terdapat langkah penyelesaian yang ditulis ulang, mampu menggunakan cara berbeda untuk menyelesaikan permasalahan termasuk caranya sendiri meski tidak menuliskannya secara lengkap serta mampu memperinci langkah penyelesaian. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:34
Last Modified: 17 Jan 2022 04:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4072

Actions (login required)

View Item View Item