ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DISKALKULIA DI SEKOLAH INKLUSI (Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Inklusi Cakra Husada Tahun Ajaran 2020/2021)

Sari, Septiarini Nurindah (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DISKALKULIA DI SEKOLAH INKLUSI (Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Inklusi Cakra Husada Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Septiarini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Septiarini Nurindah Sari 2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Anak Berkebutuhan Khusus Diskalkulia Di Sekolah Inklusi. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep anak berkebutuhan khusus diskalkulia pada operasi hitung, karakteristik yang dialami anak berkebutuhan khusus diskalkulia pada kemampuan pemahaman konsep, serta faktor – faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep anak berkebutuhan khusus diskalkulia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif untuk mendapat informasi yang mendalam. Teknik pengambilan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep. Subjek dalam penelitian ini peserta didik yang sudah dinyatakan sebagai anak berkebutuhan khusus diskalkulia. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa anak berkebutuhan khusus diskalkulia berkemampuan pemahaman konsep secara instrumental, dengan ciri khas dapat menghafal rumus dan dapat menentukan metode pengerjaan untuk menyelesaikan soal. Kedua anak berkebutuhan khusus diskalkulia memiliki karakteristik perseverasi dan kesulitan mengenal dan memahami simbol. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep berupa turunan, penyakit, dan trauma saat proses pembelajaran. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Diskalkulia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:36
Last Modified: 08 Mar 2022 04:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5014

Actions (login required)

View Item View Item