ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR MENURUT GREGORC

NURJAMAN, YADI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR MENURUT GREGORC. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
00 Cover- Daftar Isi.pdf

Download (974kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (690kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
Bab 5 DAN DAPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK YADI NURJAMAN. 2020. ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR MENURUT GREGORC. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau dari gaya berpikir menurut Gregorc. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran tes angket gaya berpikir, tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes angket gaya berpikir dan tes soal kemampuan pemecahan masalah matematik. Subjek dipilih berdasarkan teknik purposive yaitu empat peserta didik terpilih yang paling dianggap memenuhi pertimbangan menjadi subjek. Teknik analisis data yang digunakan meliputi mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau dari gaya berpikir tipe sekuensial konkret (SK) peserta didik ini hanya mampu memenuhi tiga dari lima langkah kemampuan pemecahan masalah yaitu memenuhi langkah identifikasi masalah, menentukan tujuan dan mengantisipasi hasil dan bertindak. Kemudian kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau dari gaya berpikir tipe sekuensial abstrak (SA) peserta didik ini mampu memenuhi semua langkah kemampuan pemecahan masalah yaitu memenuhi langkah identifikasi masalah, menentukan tujuan, mengeksplorasi strategi yang mungkin, mengantisipasi hasil dan bertindak serta langkah melihat kembali dan belajar. Lalu kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau dari gaya berpikir tipe acak konkret (AK) dan acak abstrak (AA) peserta didik ini hanya mampu memenuhi empat dari lima langkah kemampuan pemecahan masalah yaitu memenuhi langkah identifikasi masalah, menentukan tujuan, mengantisipasi hasil dan bertindak serta mampu memenuhi langkah melihat kembali dan belajar. Kata Kunci : Gaya berpikir, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:14
Last Modified: 14 Feb 2022 01:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4647

Actions (login required)

View Item View Item