ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PENGGUNA LAYANAN ELECTRONIC CHANNEL (E – CHANNEL) PADA NASABAH BSI KCP TASIKMALAYA MASJID AGUNG (TMA)

NURSALSA, FAJRINA ANASA (2023) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PENGGUNA LAYANAN ELECTRONIC CHANNEL (E – CHANNEL) PADA NASABAH BSI KCP TASIKMALAYA MASJID AGUNG (TMA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER .pdf

Download (359kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR .pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (830kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (956kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (813kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK FAJRINA ANASA NURSALSA. 2023. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH PENGGUNA LAYANAN ELECTRONIC CHANNEL (E-CHANNEL) PADA NASABAH BSI KCP TASIKMALAYA MASJID AGUNG (TMA) Penggunaan sistem teknologi informasi menjadikan nasabah memiliki banyak pilihan dan pertimbangan dalam memutuskan jasa perbankan yang akan memberikan kepuasan sesuai ekspektasinya. Salah satu bentuk inovasi yang dikembangkan oleh bank untuk kebutuhan nasabah sehingga kepuasan nasabah terpenuhi diantaranya layanan Electronic Channel (E-Channel). Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Masjid Agung (TMA) Salah satu bank yang menerapkan layanan Electronic Channel (E-Channel). Penerapan layanan Electronic Channel (E-Channel) di Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Masjid Agung (TMA) terdapat problematika yaitu terjadinya ketimpangan pengguna layanan Electronic Channel (E-Channel). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor kemudahan, faktor manfaat, dan faktor pengetahuan terhadap kepuasan nasabah pengguna layanan Electronic Channel (E�Channel) di Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Masjid Agung (TMA) baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Masjid Agung (TMA) pengguna layanan Electronic Channel (E-Channel) dengan sampel sebanyak 238 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Faktor kemudahan (X1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar -948. 2). Faktor manfaat (X2) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar 3.984. 3). Faktor pengetahuan (X3) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan diperoleh thitung sebesar 3.783 4). Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara kemudahan (X1), manfaat (X2) dan pengetahuan (X3) terhadap kepuasan nasabah (Y) dengan diperoleh Fhitung sebesar 5.592, berada pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Kesimpulannya bahwa faktor kemudahan (X1) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah (Y), sehingga hipotesis (HO1) diterima dan (Ha1) ditolak. Faktor manfaat (X2), dan pengetahuan (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah (Y), sehingga hipotesis (HO2 dan HO3) ditolak dan (Ha2 dan Ha3) diterima. Faktor kemudahan (X1), manfaat (X2), dan pengetahuan (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan nasabah (Y), sehingga hipotesis (HO4) ditolak dan (Ha4) diterima. Kata Kunci: Kemudahan, Manfaat, Pengetahuan, Kepuasan Nasabah, Layanan Electronic Channel (E-Channel)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:48
Last Modified: 16 Jun 2023 01:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/9488

Actions (login required)

View Item View Item