PENGARUH REAKSI AFEKTIF DAN KOGNITIF DALAM LIVE STREAMING COMMERCE TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2022 dan 2023 Universitas Siliwangi Tasikmalaya)

Melanie, Melanie (2024) PENGARUH REAKSI AFEKTIF DAN KOGNITIF DALAM LIVE STREAMING COMMERCE TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2022 dan 2023 Universitas Siliwangi Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (48kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. penguji.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. pernyataan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (215kB)
[img] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (236kB)
[img] Text
7. ucapan terima kasih.pdf

Download (171kB)
[img] Text
8. daftar isi.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. bab 1.pdf

Download (190kB)
[img] Text
10. bab 2.pdf

Download (236kB)
[img] Text
11. bab 3.pdf

Download (535kB)
[img] Text
12. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
13. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
14. daftar pustaka.pdf

Download (176kB)
[img] Text
15. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah mahasiswa tidak dapat mengontrol keinginannya untuk membeli produk dalam live streaming commerce dan mengambil tindakan dengan tiba-tiba sehingga mengakibatkan melakukan perilaku impulsive buying atau pembelian secara spontan, sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengaruh reaksi afektif dan kognitif terhadap perilaku impulsive buying. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survey dengan desain penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2022 dan 2023 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling yang berjumlah 164 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 25.0 for windows. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial variabel reaksi afektif terhadap perilaku impulsive buying dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau nilai t hitung 6,414; 2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial variabel reaksi kognitif terhadap perilaku impulsive buying dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau nilai t hitung 4,657; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara reaksi afektif dan kognitif terhadap variabel perilaku impulsive buying dengan nilai signifikansi 0,000 atau nilai f hitung 57,344. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa reaksi afektif dan kognitif secara bersamaan mampu memprediksi sebesar 41,6% mendorong terjadinya perilaku impulsive buying. Kata Kunci : Perilaku Impulsive Buying, Reaksi Afektif, Reaksi Kognitif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:49
Last Modified: 27 Aug 2024 02:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13605

Actions (login required)

View Item View Item