AWALYYAH, NYDA SOVARINA (2025) EXPLORING THE EXPERIENCES OF INTROVERTED STUDENT TEACHERS IN TEACHING PRACTICES. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (275kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (362kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (145kB)
4. PERSONAL PAGE(MOTTO).pdf
Download (227kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (123kB)
6. ABSTRACT.pdf
Download (122kB)
7. PREFACE.pdf
Download (122kB)
8. ACKNOWLEDGMENTS.pdf
Download (123kB)
9. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (105kB)
10. LIST OF TABLES.pdf
Download (89kB)
11. LIST OF ENCLOSURES.pdf
Download (86kB)
12. CHAPTER 1.pdf
Download (133kB)
13. CHAPTER 2.pdf
Download (174kB)
14. CHAPTER 3.pdf
Download (453kB)
15. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (329kB)
16. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (125kB)
17. REFERENCES.pdf
Download (268kB)
18. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
19. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21kB)
Abstract
Kepribadian merupakan faktor penting dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Orang dengan kepribadian introvert sering kali lebih menyukai kegiatan yang tenang. Sementara itu, praktik mengajar merupakan fase krusial dalam pengembangan kompetensi pedagogik dan profesionalisme calon guru. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor pengalaman mahasiswa guru introvert dalam mengajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus dan teknik eksploratori. Peserta penelitian terdiri dari tiga orang mahasiswa guru introvert yang melakukan praktek mengajar di sekolah. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Data dianalisis menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2022). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta penelitian memiliki pengalaman di berbagai aspek. Peserta penelitian mengalami kendala psikologis seperti merasa gugup, serta menerapkan strategi manajemen emosi. Peserta penelitian mengalami kendala komunikasi, seperti kesulitan berbicara spontan atau memulai pembicaraan. Untuk mengatasinya, peserta menerapkan strategi komunikasi yang efektif. Dalam proses mengajar, peserta mengalami kendala dalam presentasi lisan dan menangani perilaku siswa. Oleh karena itu, mereka melakukan refleksi, tindakan asertif, perencanaan, dan strategi untuk mendorong keterlibatan siswa dan mengajarkan bahasa dengan efektif. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa guru yang introvert menghadapi tantangan dalam praktik mengajar, mereka mampu mengembangkan strategi adaptif yang mendukung keberhasilan pembelajaran. Oleh karena itu,, mahasiswa calon guru introvert direkomendasikan mempersiapkan diri secara mental, menyusun rencana pembelajaran secara rinci, dan secara aktif berkonsultasi dengan rekan sejawat serta guru pembimbing agar praktik mengajar dapat berjalan sesuai dengan tuntutan situasi di lapangan. Selain itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas mahasiswa calon guru dalam praktik mengajar pada cakupan yang lebih luas atau dengan latar belakang yang lebih beragam.
Kata kunci: Kepribadian introvert, mahasiswa keguruan, pengalaman dalam praktek mengajar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 03:02 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 03:02 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2902 |
