KHAIRUNNISA, SYIFA (2024) EXTROVERT VERSUS INTROVERT STUDENTS: EFL LEARNING STRATEGY TO SPEAK ENGLISH. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. Cover.pdf
Download (401kB)
02. Lembar Pengesahan.pdf
Download (291kB)
03. Pernyataan Keaslian.pdf
Download (266kB)
04. Abstrak.pdf
Download (164kB)
05. Abstract.pdf
Download (282kB)
06. Kata Pengantar.pdf
Download (282kB)
07. Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (284kB)
08. Daftar Isi.pdf
Download (186kB)
09. Daftar Tabel.pdf
Download (167kB)
10. Daftar Lampiran.pdf
Download (287kB)
11. Bab I.pdf
Download (400kB)
12. Bab II.pdf
Download (325kB)
13. Bab III.pdf
Download (595kB)
14. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (548kB)
15. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (173kB)
16. Daftar Pustaka.pdf
Download (395kB)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
18. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (299kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan antara strategi
pembelajaran berbicara siswa extrovert dan siswa introvert dalam belajar bahasa
Inggris di sebuah sekolah. Penelitian ini merupakan desain metode campuran
sekuensial eksplanatori dan penelitian komparatif dengan melibatkan 2 siswa
extrovert dan 2 siswa introvert kelas 9. Tenik yang digunakan dalam
mengumpulkan data adalah kuesioner, wawancara, dan analisis menggunakan
teknik analisis Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa adanya persamaan dan perbedaan siswa ekstrovert dan introvert
dalam pembelajaran strategi berbicara bahasa inggris. Persamaan strategi berbicara
siswa ekstrovert dan introvert didominasi oleh strategi kognitif dan strategi
metakognitif, sedangkan perbedaannya adalah siswa ekstrovert tidak menggunakan
strategi kompensasi dan siswa introvert tidak menggunakan strategi sosial. Pada
akhirnya, kontribusi dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses
belajar-mengajar untuk meningkatkan kemauan siswa untuk belajar dan
menggunakan bahasa Inggris, yang dalam hal ini mencakup keterampilan berbicara
bahasa Inggris.
Kata kunci: Extrovert, Introvert, Strategi Berbicara
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 06:17 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 06:17 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/186 |
