KHAIRUNNISA, SYIFA (2024) EXTROVERT VERSUS INTROVERT STUDENTS: EFL LEARNING STRATEGY TO SPEAK ENGLISH. Other thesis, Universitas Siliwangi.
![01. Cover.pdf [thumbnail of 01. Cover.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
01. Cover.pdf
Download (401kB)
![02. Lembar Pengesahan.pdf [thumbnail of 02. Lembar Pengesahan.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf
Download (291kB)
![03. Pernyataan Keaslian.pdf [thumbnail of 03. Pernyataan Keaslian.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf
Download (266kB)
![04. Abstrak.pdf [thumbnail of 04. Abstrak.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
04. Abstrak.pdf
Download (164kB)
![05. Abstract.pdf [thumbnail of 05. Abstract.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
05. Abstract.pdf
Download (282kB)
![06. Kata Pengantar.pdf [thumbnail of 06. Kata Pengantar.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
06. Kata Pengantar.pdf
Download (282kB)
![07. Ucapan Terima Kasih.pdf [thumbnail of 07. Ucapan Terima Kasih.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
07. Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (284kB)
![08. Daftar Isi.pdf [thumbnail of 08. Daftar Isi.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
08. Daftar Isi.pdf
Download (186kB)
![09. Daftar Tabel.pdf [thumbnail of 09. Daftar Tabel.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
09. Daftar Tabel.pdf
Download (167kB)
![10. Daftar Lampiran.pdf [thumbnail of 10. Daftar Lampiran.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
10. Daftar Lampiran.pdf
Download (287kB)
![11. Bab I.pdf [thumbnail of 11. Bab I.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
11. Bab I.pdf
Download (400kB)
![12. Bab II.pdf [thumbnail of 12. Bab II.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
12. Bab II.pdf
Download (325kB)
![13. Bab III.pdf [thumbnail of 13. Bab III.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
13. Bab III.pdf
Download (595kB)
![14. Bab IV.pdf [thumbnail of 14. Bab IV.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
14. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (548kB)
![15. Bab V.pdf [thumbnail of 15. Bab V.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
15. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (173kB)
![16. Daftar Pustaka.pdf [thumbnail of 16. Daftar Pustaka.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
16. Daftar Pustaka.pdf
Download (395kB)
![17. Lampiran.pdf [thumbnail of 17. Lampiran.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![18. Daftar Riwayat Hidup.pdf [thumbnail of 18. Daftar Riwayat Hidup.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
18. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (299kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan antara strategi 
pembelajaran berbicara siswa extrovert dan siswa introvert dalam belajar bahasa 
Inggris di sebuah sekolah. Penelitian ini merupakan desain metode campuran 
sekuensial eksplanatori dan penelitian komparatif dengan melibatkan 2 siswa 
extrovert dan 2 siswa introvert kelas 9. Tenik yang digunakan dalam 
mengumpulkan data adalah kuesioner, wawancara, dan analisis menggunakan 
teknik analisis Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil penelitian ini 
menunjukan bahwa adanya persamaan dan perbedaan siswa ekstrovert dan introvert 
dalam pembelajaran strategi berbicara bahasa inggris. Persamaan strategi berbicara 
siswa ekstrovert dan introvert didominasi oleh strategi kognitif dan strategi 
metakognitif, sedangkan perbedaannya adalah siswa ekstrovert tidak menggunakan 
strategi kompensasi dan siswa introvert tidak menggunakan strategi sosial. Pada 
akhirnya, kontribusi dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses 
belajar-mengajar untuk meningkatkan kemauan siswa untuk belajar dan 
menggunakan bahasa Inggris, yang dalam hal ini mencakup keterampilan berbicara 
bahasa Inggris. 
Kata kunci: Extrovert, Introvert, Strategi Berbicara
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris | 
| Depositing User: | irma sri katon | 
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 06:17 | 
| Last Modified: | 27 Oct 2025 06:17 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/186 | 
