EXTROVERT VERSUS INTROVERT STUDENTS: EFL LEARNING STRATEGY TO SPEAK ENGLISH

KHAIRUNNISA, SYIFA (2024) EXTROVERT VERSUS INTROVERT STUDENTS: EFL LEARNING STRATEGY TO SPEAK ENGLISH. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01. Cover.pdf] Text
01. Cover.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 02. Lembar Pengesahan.pdf] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 03. Pernyataan Keaslian.pdf] Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 04. Abstrak.pdf] Text
04. Abstrak.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 05. Abstract.pdf] Text
05. Abstract.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 06. Kata Pengantar.pdf] Text
06. Kata Pengantar.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 07. Ucapan Terima Kasih.pdf] Text
07. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 08. Daftar Isi.pdf] Text
08. Daftar Isi.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 09. Daftar Tabel.pdf] Text
09. Daftar Tabel.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 10. Daftar Lampiran.pdf] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 11. Bab I.pdf] Text
11. Bab I.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 12. Bab II.pdf] Text
12. Bab II.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 13. Bab III.pdf] Text
13. Bab III.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of 14. Bab IV.pdf] Text
14. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[thumbnail of 15. Bab V.pdf] Text
15. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[thumbnail of 16. Daftar Pustaka.pdf] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 17. Lampiran.pdf] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 18. Daftar Riwayat Hidup.pdf] Text
18. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan antara strategi
pembelajaran berbicara siswa extrovert dan siswa introvert dalam belajar bahasa
Inggris di sebuah sekolah. Penelitian ini merupakan desain metode campuran
sekuensial eksplanatori dan penelitian komparatif dengan melibatkan 2 siswa
extrovert dan 2 siswa introvert kelas 9. Tenik yang digunakan dalam
mengumpulkan data adalah kuesioner, wawancara, dan analisis menggunakan
teknik analisis Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa adanya persamaan dan perbedaan siswa ekstrovert dan introvert
dalam pembelajaran strategi berbicara bahasa inggris. Persamaan strategi berbicara
siswa ekstrovert dan introvert didominasi oleh strategi kognitif dan strategi
metakognitif, sedangkan perbedaannya adalah siswa ekstrovert tidak menggunakan
strategi kompensasi dan siswa introvert tidak menggunakan strategi sosial. Pada
akhirnya, kontribusi dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses
belajar-mengajar untuk meningkatkan kemauan siswa untuk belajar dan
menggunakan bahasa Inggris, yang dalam hal ini mencakup keterampilan berbicara
bahasa Inggris.
Kata kunci: Extrovert, Introvert, Strategi Berbicara

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 27 Oct 2025 06:17
Last Modified: 27 Oct 2025 06:17
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item
View Item