Mufti, Azka Muhammad (2025) PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN INDOMIE (Studi Kasus Konsumen Mie Instan di Kabupaten Tasikmalaya). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (21kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (113kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (90kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (54kB)
5. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN.pdf
Download (232kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (193kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (81kB)
8. BAB I.pdf
Download (384kB)
9. BAB II.pdf
Download (416kB)
10. BAB III.pdf
Download (377kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (715kB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (54kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (203kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Indonesia merupakan pasar potensial dalam industri makanan halal, termasuk produk mie instan yang menjadi konsumsi pokok masyarakat. Indomie sebagai salah satu produk unggulan PT Indofood Sukses Makmur telah menguasai sebagian besar pasar mie instan di Indonesia. Namun, dalam menghadapi dinamika persaingan dan perubahan perilaku konsumen, pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian menjadi sangat penting, khususnya dari sudut pandang kalangan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga, dan strategi promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian produk mie instan Indomie pada konsumen mie instan di Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen mie instan Indomie di Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 137 responden. Analisis data dan uji hipotesis yang digunakan yaitu outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, ketiga variabel independen citra merek, harga, dan strategi promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Strategi promosi memiliki pengaruh paling dominan dengan nilai t-statistic 4,945, dan diikuti oleh harga dengan nilai t-statistic 4,507, kemudian pengaruh citra merek yang paling kecil terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-statistic 2,236. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk mempertahankan dan meningkatkan keputusan pembelian Indomie, PT Indofood Sukses Makmur dan para pelaku usaha terus memperkuat citra mereknya, menetapkan harga yang sesuai, dan melakukan strategi promosi yang efektif. Ketiga variabel independen citra merek, harga, dan strategi promosi memiliki hubungan positif, yang artinya semakin baik ketiga variabel independen tersebut, maka keputusan pembelian terhadap produk Indomie akan semakin meningkat.
Kata Kunci: Citra Merek, Harga, Strategi Promosi, Keputusan Pembelian, Mie Instan Indomie
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | user1 user1 user1 |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 06:26 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 06:26 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1801 |
