PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU QUESTION CARD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas X IPS Tahun Ajaran 2022/2023 di MAN 1 Garut)

AGISTY, RIZKA FADHILLAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU QUESTION CARD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas X IPS Tahun Ajaran 2022/2023 di MAN 1 Garut). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (241kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN 2.pdf

Download (254kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (334kB)
[img] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (219kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (413kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (744kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)

Abstract

ABSTRAK Rizka Fadhillah Agisty. (2023). Skripsi. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantu Question Card dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada Kelas X IPS Tahun Ajaran 2022/2023 di MAN 1 Garut). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Ai Nur Solihat, M.Pd dan Raden Roro Suci Nurdianti, M.Pd. Rendahnya pemahaman konsep siswa masih menjadi permasalahan yang ada dalam proses pembelajaran. Hal ini dilihat dari banyaknya siswa yang belum tuntas mencapai KKM yang ditetapkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X IPS MAN 1 Garut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS dengan jumlah 143 siswa. Alat penelitian yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep siswa berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu Question Card (Nilai rata-rata hasil pretest 53.33 dan posttest 90.29) dan model pembelajaran konvensional (Nilai rata-rata hasil pretest 52.59 dan posttest 81.02). Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 0.80 dan kelas kontrol sebesar 0.59. Peningkatan menggunakan model NHT lebih tinggi dibandingkan model konvensional. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Numbered Head Together, Question Card

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:54
Last Modified: 27 Mar 2023 03:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8972

Actions (login required)

View Item View Item