AGISTY, RIZKA FADHILLAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU QUESTION CARD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas X IPS Tahun Ajaran 2022/2023 di MAN 1 Garut). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (241kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN 1.pdf Download (259kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN 2.pdf Download (254kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (197kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (334kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (219kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (339kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (413kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (744kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
Abstract
ABSTRAK Rizka Fadhillah Agisty. (2023). Skripsi. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantu Question Card dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada Kelas X IPS Tahun Ajaran 2022/2023 di MAN 1 Garut). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Ai Nur Solihat, M.Pd dan Raden Roro Suci Nurdianti, M.Pd. Rendahnya pemahaman konsep siswa masih menjadi permasalahan yang ada dalam proses pembelajaran. Hal ini dilihat dari banyaknya siswa yang belum tuntas mencapai KKM yang ditetapkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X IPS MAN 1 Garut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS dengan jumlah 143 siswa. Alat penelitian yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep siswa berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu Question Card (Nilai rata-rata hasil pretest 53.33 dan posttest 90.29) dan model pembelajaran konvensional (Nilai rata-rata hasil pretest 52.59 dan posttest 81.02). Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 0.80 dan kelas kontrol sebesar 0.59. Peningkatan menggunakan model NHT lebih tinggi dibandingkan model konvensional. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Numbered Head Together, Question Card
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 03:54 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 03:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8972 |
Actions (login required)
View Item |