PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATI (APTITUDE TREATMENT INTERACTION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

RAHMAWATI, IDAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATI (APTITUDE TREATMENT INTERACTION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (69kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (65kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (13kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (10kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (13kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (186kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 5 Tasikmalaya yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) dengan pendekatan berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa, perbedaan hasil gaya belajar, dan interaksi model pembelajaran terhadap gaya belajar pada mata pelajaran ekonomi materi jasa keuangan dalam perekonomian. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain menggunakan desain faktorial 2x3, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 5 Tasikmalaya pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 448 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas X.11 yang berjumlah 38 orang sebagai kelas kontrol dan kelas X.12 yang berjumlah 38 orang sebagai kelas eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua jalur dengan α 0.05. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa auditori, visual, dan kinestetik. Dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar Kata Kunci: Hasil Belajar, Gaya Belajar, Diferensiasi, ATI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:58
Last Modified: 04 Oct 2024 02:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14463

Actions (login required)

View Item View Item