YULIANA, YULIANA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Cihaurbeuti). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (195kB) |
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (62kB) |
|
Text
3. penguji.pdf Download (57kB) |
|
Text
4. pernyataan.pdf Download (57kB) |
|
Text
5. abstrak.pdf Download (239kB) |
|
Text
6. kata pengantar.pdf Download (233kB) |
|
Text
7. ucapan terimakasih.pdf Download (179kB) |
|
Text
8. daftar isi.pdf Download (297kB) |
|
Text
9. bab i.pdf Download (256kB) |
|
Text
10. bab ii.pdf Download (310kB) |
|
Text
11. bab iii.pdf Download (406kB) |
|
Text
12. bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
|
Text
13. bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
14. daftar pustaka.pdf Download (128kB) |
|
Text
15. lampiran.pdf Download (4MB) |
|
Text
16. riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di SMAN 1 Cihaurbeuti yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video animasi Powtoon. Desain penelitian menggunakan desain non equivalent control group design, teknik pengumpulan data melalui test uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 1 Cihaurbeuti yang berjumlah 164 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI IPS 3 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas Kontrol. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video animasi Powtoon dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi konsep perdagangan internasional. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media video animasi Powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perdagangan internasional, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) ≤0.05 dan berdasarkan penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata rata skor kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model Problem Based Learning berbantuan media video animasi Powtoon dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Animasi Powtoon, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 06:24 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 06:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14315 |
Actions (login required)
View Item |