PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Cihaurbeuti)

YULIANA, YULIANA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Cihaurbeuti). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (195kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (62kB)
[img] Text
3. penguji.pdf

Download (57kB)
[img] Text
4. pernyataan.pdf

Download (57kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (239kB)
[img] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (233kB)
[img] Text
7. ucapan terimakasih.pdf

Download (179kB)
[img] Text
8. daftar isi.pdf

Download (297kB)
[img] Text
9. bab i.pdf

Download (256kB)
[img] Text
10. bab ii.pdf

Download (310kB)
[img] Text
11. bab iii.pdf

Download (406kB)
[img] Text
12. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
13. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
14. daftar pustaka.pdf

Download (128kB)
[img] Text
15. lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
16. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di SMAN 1 Cihaurbeuti yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video animasi Powtoon. Desain penelitian menggunakan desain non equivalent control group design, teknik pengumpulan data melalui test uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 1 Cihaurbeuti yang berjumlah 164 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI IPS 3 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas Kontrol. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video animasi Powtoon dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi konsep perdagangan internasional. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media video animasi Powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perdagangan internasional, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) ≤0.05 dan berdasarkan penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata rata skor kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model Problem Based Learning berbantuan media video animasi Powtoon dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Animasi Powtoon, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 11 Sep 2024 06:24
Last Modified: 11 Sep 2024 06:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14315

Actions (login required)

View Item View Item