SUPRIATIN, ASRI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) BERBANTUAN FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (231kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf Download (207kB) |
|
Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf Download (244kB) |
|
Text
04. Abstrak.pdf Download (273kB) |
|
Text
05. Abstract.pdf Download (274kB) |
|
Text
06. Kata Pengantar.pdf Download (219kB) |
|
Text
07. Ucapan Terimakasih.pdf Download (159kB) |
|
Text
08. Daftar Isi.pdf Download (233kB) |
|
Text
09. Daftar Tabel.pdf Download (222kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (158kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (158kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (310kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (563kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (252kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
Abstract
Proses pendidikan saat ini dikenal dengan pendidikan abad 21 yang merupakan sistem pendidikan yang tidak lepas dari kecakapan abad 21 dan pemakaian teknologi digital. Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik agar mampu menghadapi tantangan global di abad 21. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis yaitu dengan melatih dan mendorong peserta didik untuk melakukan pembelajaran yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) Berbantuan Flipbook. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Giving Question and Getting Answer (GQGA) Berbantuan Flipbook terhadap kemampuan berpikir siswa pada materi Sistem Ekskresi di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimen dengan desain the matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 terdiri dari 5 kelas XI MIPA. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis berbentuk soal uraian yang berjumlah 13 butir soal mengenai materi sistem ekskresi manusia. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan perolehan nilai signifikansi 0.200 > 0.05 dan uji Levene dengan perolehan nilai 0.717 > 0.05. Uji hipotesis menggunakan uji t independen dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dengan penerapan model Giving Question and Getting Answer (GQGA) berbantuan Flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIPA SMAN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Kemampuan berpikir Kritis; GQGA; Flipbook.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:55 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:55 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13217 |
Actions (login required)
View Item |