NURBAETI, YAYI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna, Pada Sub Materi Sistem Saraf Manusia). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (53kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf Download (184kB) |
|
Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf Download (157kB) |
|
Text
06. Ucapan Terimakasih.pdf Download (482kB) |
|
Text
04. Abstrak.pdf Download (424kB) |
|
Text
05. Abstract.pdf Download (424kB) |
|
Text
07. Kata Pengantar.pdf Download (216kB) |
|
Text
08. Daftar Isi.pdf Download (357kB) |
|
Text
09. Daftar Tabel.pdf Download (332kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (527kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (222kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (360kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (378kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
Abstract
Kemampuan literasi sains dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran yang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading, Qustioning, and Answering (RQA) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi sistem saraf manusia di Kelas XI MIPA SMAN 1 Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan desain penelitian the matching-only posstest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Singaparna sebanyak 8 kelas yang berjumlah 292 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 siswa dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan literasi sains berupa soal majemuk yang berjumlah 24 soal. Instrumen yang digunakan tes kemampuan literasi sains pada materi sistem saraf manusia. Teknik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov yang diperoleh nilai signifikansi 0,079 < 0,05 dan uji Levene yang diperoleh nilai signifikansi 0,635 > 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji t independent hasil analisis menunjukkan bahwa Ho ditolak dengan nilai signifikan diperoleh 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning, And Answering (RQA) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi sistem saraf manusia. Dalam proses pembelajarannya kegiatan membaca, membuat pertanyaan, dan mencari jawaban yang dilakukan terus menerus dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik menjadi lebih aktif. Kata Kunci: model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA), literasi sains, sistem saraf manusia
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 01:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 01:26 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11836 |
Actions (login required)
View Item |