PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERBANTUAN MIRO TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

SUPRIATNA, MUHAMAD YUNUS SETIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERBANTUAN MIRO TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 3. Lembar Pernyataan.pdf] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf] Text
4. Abstrak.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 5. Abstract.pdf] Text
5. Abstract.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 6. Kata Pengantar.pdf] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 7. Ucapan Terima Kasih.pdf] Text
7. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 8. Daftar Isi.pdf] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 9. Daftar Tabel.pdf] Text
9. Daftar Tabel.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 10. Daftar Gambar.pdf] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 11. Daftar Lampiran.pdf] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 12. BAB 1.pdf] Text
12. BAB 1.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 13. BAB 2.pdf] Text
13. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 14. BAB 3.pdf] Text
14. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 15. BAB 4.pdf] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[thumbnail of 16. BAB 5.pdf] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[thumbnail of 17. Daftar Pustaka.pdf] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 18. Lampiran.pdf] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 19. Riwayat Hidup.pdf] Text
19. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE berbantuan miro terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi ekosistem di kelas X SMAN 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 3 Tasikmalaya yaitu sebanyak 12 kelas dengan jumlah peserta didik 429 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yang dijadikan sebagai kelas eksperimen, kelas kontrol positif, dan kelas kontrol negatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 13 soal mengenai materi ekosistem. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji ANCOVA dengan taraf signifikansi 5%, dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil uji ANCOVA menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antar kelas terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik dengan mempertimbangkan nilai pretest. Uji lanjut LSD menunjukan bahwa kelas eksperimen memperoleh skor argumentasi ilmiah yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol positif dan kelas kontrol negatif. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran RICOSRE berbantuan miro dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi ekosistem.

Kata Kunci: Ricosre; Miro; Argumentasi Ilmiah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 07 Nov 2025 03:09
Last Modified: 07 Nov 2025 03:09
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item
View Item