SUPRIATNA, MUHAMAD YUNUS SETIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERBANTUAN MIRO TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (198kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (310kB)
3. Lembar Pernyataan.pdf
Download (176kB)
4. Abstrak.pdf
Download (237kB)
5. Abstract.pdf
Download (236kB)
6. Kata Pengantar.pdf
Download (188kB)
7. Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (159kB)
8. Daftar Isi.pdf
Download (268kB)
9. Daftar Tabel.pdf
Download (254kB)
10. Daftar Gambar.pdf
Download (269kB)
11. Daftar Lampiran.pdf
Download (251kB)
12. BAB 1.pdf
Download (324kB)
13. BAB 2.pdf
Download (1MB)
14. BAB 3.pdf
Download (2MB)
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (868kB)
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (307kB)
17. Daftar Pustaka.pdf
Download (286kB)
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
19. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (178kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE berbantuan miro terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi ekosistem di kelas X SMAN 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 3 Tasikmalaya yaitu sebanyak 12 kelas dengan jumlah peserta didik 429 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling yang dijadikan sebagai kelas eksperimen, kelas kontrol positif, dan kelas kontrol negatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 13 soal mengenai materi ekosistem. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji ANCOVA dengan taraf signifikansi 5%, dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil uji ANCOVA menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antar kelas terhadap kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik dengan mempertimbangkan nilai pretest. Uji lanjut LSD menunjukan bahwa kelas eksperimen memperoleh skor argumentasi ilmiah yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol positif dan kelas kontrol negatif. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran RICOSRE berbantuan miro dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi ekosistem.
Kata Kunci: Ricosre; Miro; Argumentasi Ilmiah
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 03:09 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 03:09 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/985 |
