AISY, MUTIA RAHADATUL (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA SUB MATERI SISTEM GERAK MANUSIA (Studi Eksperimen di kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (167kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (408kB)
3. PERNYATAAN.pdf
Download (449kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (266kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (224kB)
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (189kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (251kB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (123kB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (229kB)
10. BAB I.pdf
Download (298kB)
11. BAB II.pdf
Download (777kB)
12. BAB III.pdf
Download (1MB)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (479kB)
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (267kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (246kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (203kB)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan peta konsep terhadap keterampilan argumentasi ilmiah siswa pada sub materi sistem gerak manusia di Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang berbentuk quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan purposive sampling dan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 dengan jumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan soal test argumentasi ilmiah berupa test uraian dengan indikator yang di adaptasi dari McNeill dan Krajcik (2006) meliputi claim, evidence, dan reasoning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model guided inquiry berbantuan peta konsep meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa secara signifikan dengan skor rata-rata lebih tinggi pada kelas eksperimen (17,25) dibandingkan dengan kelas kontrol (14,3). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry berbantuan peta konsep berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa di kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.
Kata kunci: Peta Konsep, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Argumentasi Ilmiah, Sistem Gerak.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 07:56 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 07:56 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/939 |
