PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA SUB MATERI SISTEM GERAK MANUSIA (Studi Eksperimen di kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

AISY, MUTIA RAHADATUL (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA SUB MATERI SISTEM GERAK MANUSIA (Studi Eksperimen di kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 3. PERNYATAAN.pdf] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 10. BAB I.pdf] Text
10. BAB I.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf

Download (777kB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 17.  RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan peta konsep terhadap keterampilan argumentasi ilmiah siswa pada sub materi sistem gerak manusia di Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang berbentuk quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan purposive sampling dan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 dengan jumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan soal test argumentasi ilmiah berupa test uraian dengan indikator yang di adaptasi dari McNeill dan Krajcik (2006) meliputi claim, evidence, dan reasoning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model guided inquiry berbantuan peta konsep meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa secara signifikan dengan skor rata-rata lebih tinggi pada kelas eksperimen (17,25) dibandingkan dengan kelas kontrol (14,3). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry berbantuan peta konsep berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa di kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.

Kata kunci: Peta Konsep, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Argumentasi Ilmiah, Sistem Gerak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 06 Nov 2025 07:56
Last Modified: 06 Nov 2025 07:56
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item
View Item