PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Terpadu Nurul Arif Salam Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

Rukmana, Pani Aulia (2025) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Terpadu Nurul Arif Salam Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4 ABSTRAK.pdf] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 5 KATA PENGANTAR.pdf] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 6 DAFTAR ISI.pdf] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 7 DAFTAR TABEL.pdf] Text
7 DAFTAR TABEL.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 8 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
8 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 9 DAFTAR DIAGRAM.pdf] Text
9 DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 11 BAB I.pdf] Text
11 BAB I.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 12 BAB II.pdf] Text
12 BAB II.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 13 BAB III.pdf] Text
13 BAB III.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 14 BAB IV.pdf] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[thumbnail of 15 BAB V.pdf] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[thumbnail of 16 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[thumbnail of 18 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
18 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

hasaan teks tanggapan secara logis, kritis, dan kreatif merupakan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik kelas VII berdasarkan Kurikulum Merdeka. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, tentunya guru memerlukan model pembelajaran yang efektif. Dengan demikian, penulis mencoba menggunakan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) dan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran menulis teks tanggapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran RADEC dan PBL, serta untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kedua model tersebut dalam pembelajaran menulis teks tanggapan, pada peserta didik kelas VII SMP Islam Terpadu Nurul Arif Salam Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pre-test menulis teks tanggapan di kelas eksperimen sebesar 63,05 sedangkan di kelas kontrol sebesar 58 sehingga terdapat perbedaan sebesar 5,05. Kemudian, nilai rata-rata post-test menulis teks tanggapan di kelas eksperimen sebesar 86,15 sedangkan di kelas kontrol sebesar 79,6 sehingga terdapat perbedaan sebesar 6,55. Hasil uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney pada N-Gain Score menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima. Presentase efektivitas model pembelajaran RADEC di kelas eksperimen sebesar 62%. Sedangkan presentase efektivitas model pembelajaran PBL di kelas kontrol sebesar 51%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) dan Problem Based Learning (PBL) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks tanggapan, serta terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) dan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran menulis teks tanggapan pada peserta didik kelas VII SMP Islam Terpadu Nurul Arif Salam Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:21
Last Modified: 06 Nov 2025 03:21
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item
View Item