Rukmana, Pani Aulia (2025) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Terpadu Nurul Arif Salam Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (193kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (214kB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (217kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (235kB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (211kB)
6 DAFTAR ISI.pdf
Download (225kB)
7 DAFTAR TABEL.pdf
Download (216kB)
8 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (138kB)
9 DAFTAR DIAGRAM.pdf
Download (143kB)
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (144kB)
11 BAB I.pdf
Download (267kB)
12 BAB II.pdf
Download (385kB)
13 BAB III.pdf
Download (455kB)
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (679kB)
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (235kB)
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (197kB)
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (131kB)
18 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
hasaan teks tanggapan secara logis, kritis, dan kreatif merupakan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik kelas VII berdasarkan Kurikulum Merdeka. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, tentunya guru memerlukan model pembelajaran yang efektif. Dengan demikian, penulis mencoba menggunakan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) dan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran menulis teks tanggapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran RADEC dan PBL, serta untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kedua model tersebut dalam pembelajaran menulis teks tanggapan, pada peserta didik kelas VII SMP Islam Terpadu Nurul Arif Salam Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pre-test menulis teks tanggapan di kelas eksperimen sebesar 63,05 sedangkan di kelas kontrol sebesar 58 sehingga terdapat perbedaan sebesar 5,05. Kemudian, nilai rata-rata post-test menulis teks tanggapan di kelas eksperimen sebesar 86,15 sedangkan di kelas kontrol sebesar 79,6 sehingga terdapat perbedaan sebesar 6,55. Hasil uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney pada N-Gain Score menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian dapat diterima. Presentase efektivitas model pembelajaran RADEC di kelas eksperimen sebesar 62%. Sedangkan presentase efektivitas model pembelajaran PBL di kelas kontrol sebesar 51%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) dan Problem Based Learning (PBL) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks tanggapan, serta terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) dan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran menulis teks tanggapan pada peserta didik kelas VII SMP Islam Terpadu Nurul Arif Salam Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 03:21 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 03:21 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/903 |
