MEMAHAMI CUSTOMER ADVOCACY BERDASARKAN IT AFFORDANCE (Kasus Pada Pengguna S-Commerce di Indonesia)

RAMDANI, FADLI RAHMAT (2025) MEMAHAMI CUSTOMER ADVOCACY BERDASARKAN IT AFFORDANCE (Kasus Pada Pengguna S-Commerce di Indonesia). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 4. ABSTRACT & ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRACT & ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh IT affordance terhadap customer advocacy
dengan immersion, presence, dan actual purchase sebagai variabel mediasi, serta
self congruence sebagai variabel moderasi, dalam konteks pengguna live streaming
social commerce di Indonesia, khususnya pada platform TikTok Shop. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total 330 responden yang pernah
mengikuti sesi live streaming s-commerce dan melakukan pembelian. Pengolahan
data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa IT affordance berpengaruh signifikan terhadap
immersion dan presence, yang selanjutnya mendorong actual purchase, dan
akhirnya membentuk customer advocacy. Variabel actual purchase terbukti
memediasi hubungan antara immersion dan presence terhadap customer advocacy,
sementara self congruence memoderasi hubungan antara IT affordance terhadap
immersion dan presence, memperkuat pengaruh ketika terdapat kesesuaian antara
identitas pengguna dan pengalaman yang disediakan platform.
Kata Kunci: IT Affordance, Self Congruence, Immersion, Presence, Actual
Purchase, Customer Advocacy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:10
Last Modified: 06 Nov 2025 03:10
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item
View Item