MUSTAQIMAH, UTAMI PUSPITA SABILLA (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI RASIO DI JENJANG SMP. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. COVER.pdf
Download (83kB)
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (70kB)
03. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (44kB)
04. ABSTRAK.pdf
Download (131kB)
05. KATA PENGANTAR.pdf
Download (72kB)
06. DAFTAR ISI.pdf
Download (84kB)
07. DAFTAR TABEL.pdf
Download (71kB)
08. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (75kB)
09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (71kB)
10. BAB 1.pdf
Download (243kB)
11. BAB 2.pdf
Download (540kB)
12. BAB 3.pdf
Download (304kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (198kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (163kB)
17. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (85kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (22MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang
mengintegrasikan indikator kemampuan berpikir komputasi ke dalam materi rasio.
Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model
pengembangan 4 – D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik
pengumpulan data yaitu observasi lingkungan sekolah, wawancara tidak terstruktur
kepada guru, dan kuesioner kepada ahli materi, ahli media, serta peserta didik. Subjek
penelitian merupakan 32 peserta didik SMP Al Huda Turalak Tahun Ajaran 2023 – 2024,
terdiri dari 8 peserta didik dari kelas VIII dan 24 peserta didik dari kelas VII. Analisis
data dilakukan secara kuantitatif deskriptif menggunakan skor tingkat validitas produk,
skor kepraktisan produk, Effect Size dan nilai N - Gain. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penilaian produk dari ahli materi (legalitas dan moral, kelayakan isi, kelayakan
penyajian, computational thinking) dan ahli media (anatomi, kegrafikan, dan
kebahasaan) menyatakan “Sangat Valid” dengan perolehan skor sebesar 99% dan 86%.
Penilaian kepraktisan produk (materi, bahasa, ketertarikan dan aspek computational
thinking) mendapat kategori sangat praktis dengan perolehan skor sebesar 86%. Nilai
Effect Size sebesar 2,2 mendapat kategori “Strong effect”, dan nilai N - Gain sebesar 0,33
mendapat kategori “Sedang”. Profil kemampuan CT yang dicapai adalah decomposition
sebesar 79,2%, abstraction sebesar 59,2%, algorithm sebesar 43,25, dan pattern
recognition sebesar 19,4%. Sebaran tingkat pencapaian pada kategori “Tinggi” sebesar
20,8%, “Sedang” sebesar 54,2%, “Rendah” sebesar 8,3%, dan “Sangat Rendah” sebesar
16,7%. Maka dapat disimpulkan bahwa produk LKPD layak digunakan sebagai alternatif
bahan ajar pada pembelajaran materi rasio serta dapat melatih kemampuan
computational thinking peserta didik.
Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Computational Thinking, Rasio.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 08:37 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 08:37 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/446 |
