HANDAYANI, DEA (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP PERILAKU MENABUNG MAHASISWA RANTAU DI UNIVERSITAS SILIWANGI (Survei pada Mahasiswa Universitas Siliwangi Asal JABODETABEK). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (139kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf
Download (116kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (96kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (101kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (319kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (233kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (189kB)
8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf
Download (291kB)
9. BAB I.pdf
Download (316kB)
10. BAB II.pdf
Download (345kB)
10. BAB II-1.pdf
Download (345kB)
11. BAB III.pdf
Download (471kB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (444kB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (252kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (213kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (147kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dialami oleh mahasiswa
Universitas Siliwangi khususnya mahasiswa rantau asal Jabodetabek, yaitu perilaku
menabung mahasiswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui sejauh mana literasi keuangan dan social influence berpengaruh
terhadap perilaku menabung mahasiswa Universitas Siliwangi asal Jabodetabek
baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif jenis survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas
Siliwangi yang berasal dari daerah Jabodetabek. Adapun teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan menggunakan simple
random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 182 orang mahasiswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan
yaitu analisis regresi linear berganda. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1) Literasi keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku menabung 2)
Social influence berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku menabung 3)
Literasi keuangan dan social influence berpengaruh secara signifikan terhadap
perilaku menabung.
Kata Kunci: Literasi Keuangan. Social Influence, Perilaku Menabung.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:00 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:00 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/368 |
