Ulpah, Yunita Dena (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN MEDIA WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Kepada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cihaurbeuti). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (2MB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (2MB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (2MB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (2MB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (2MB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (2MB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (2MB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (2MB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (2MB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (2MB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
12. BAB I.pdf
Download (2MB)
13. BAB II.pdf
Download (2MB)
14. BAB III.pdf
Download (2MB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti pada mata
pelajaran ekonomi merupakan permasalahan yang terjadi. Metode eksperimen
digunakan sebagai cara untuk menyelesaikan permasalahan diatas, dengan desain
penelitian menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti pada tahun
ajar 2024/2025 yang berjumlah 170 orang peserta didik. Sampel yang digunakan
yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol dan kelas XI
IPS 4 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dengan pengambilan
sampel menggunakan Teknik nonprobability sampling. Berdasarkan hasil penelitian
yang telah dilakukan dimana terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas
eksperimen dengan nilai rata-rata pretest sebesar 47,16 pada posttest meningkat
menjadi 86,69. Kemudian terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas
kontrol dengan nilai rata-rata pretest 43,69 pada posttest menjadi 79,53. Terdapat
perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Dengan
demikian, penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT (Teams
Games Tournament) Berbantuan Media Word Square memiliki tingkat efektivitas
yang tinggi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci : Cooperative Learning, TGT, Word Square
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 01:41 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 01:41 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/334 |
