YUNIARTI, NELI (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi subMateri Mitigasi Bencana Alam di Kelas XI SMAS PGRI Kurnia). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (205kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (1MB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (1MB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (256kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (273kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (235kB)
8. BAB I.pdf
Download (256kB)
9. BAB II.pdf
Download (359kB)
10. BAB III.pdf
Download (364kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (636kB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (293kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (221kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (205kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantukan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi sub materi mitigasi bencana alam. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan aktivitas belajar aktif dan mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah None equivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas ada kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik secara keseluruhan adalah 35 orang ini menggunakan model Flipped Classroom berbantuan media audio visual, sedangkan kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanya 33 orang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Teknik Analisis data yang di lakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas, serta untuk uji hipotesis menggunakan uji regresi linear berganda dengan menggunakan IBM SPSS statistic versi 15. Hasil analisis data dengan uji regresi linear berganda diperoleh nilai sebesar Y = 49.107 + 6.483 X1 + 3.337 X2 artinya penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantukan media audio visual ini berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 10.042 > dari pada Ftabel 3,44 dengan tingkat signifikansinya 0.001< dari pada 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berbantukan media audio visual berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, model pembelajaran Flipped Classroom berbantukan media audio visual dapat menjadi rekomendasi sebagai alternative untuk membantu dalam proses pembelajaran Geografi, khususnya pada materi mitigasi bencana alam.
Kata kunci: Flipped Classroom, media audio visual, hasil belajar, mitigasi bencana alam, Geografi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 02:24 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 02:24 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2654 |
