RUSMIATI, NISA TINTIN (2024) PERFORMING PROJECT-BASED LEARNING OF INDONESIAN UNIVERSITY STUDENTS: HIGHLIGHTING CHALLENGES AND SOLUTIONS. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (86kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (222kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (52kB)
4. ABSTAK & ABSTRACT.pdf
Download (105kB)
5. PREFACE.pdf
Download (101kB)
6. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (102kB)
7. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (133kB)
8. CHAPTER 1.pdf
Download (47kB)
9. CHAPTER 2.pdf
Download (168kB)
10. CHAPTER 3.pdf
Download (138kB)
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (275kB)
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (37kB)
13. REFERENCES.pdf
Download (185kB)
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (982kB)
15. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (107kB)
Abstract
Project-based learning (PjBL) akhir-akhir ini mulai populer di dunia pendidikan.
Metode ini dianggap sebagai metode yang tepat untuk mengajarkan EFL untuk
menggantikan metode pengajaran tradisional. Namun, diantaranya mahasiswa
menunjukkan kurangnya keseriusan dalam mengerjakan PjBL. Oleh karena itu,
studi kasus ini mengkaji secara mendalam kendala yang dihadapi oleh mahasiswa
salah satu perguruan tinggi di Tasikmalaya dalam menerapkan PjBL dan
menemukan solusi untuk mengatasi tantangan tersebut. Tiga mahasiswa jurusan
Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2020 yang telah mengambil mata kuliah
Lesson Planning in ELT direkrut untuk mengeksplorasi persepsi mereka terhadap
pengalaman mereka saat menerapkan PjBL. Metode penelitian yang digunakan
adalah studi kasus deskriptif. Dengan data diperoleh melalui wawancara semi
terstruktur. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis tematik
menurut Braun & Clarke (2006). Hasil penelitian menunjukan bahwa Mahasiswa
menghadapi tantangan dalam kolaborasi, komunikasi, motivasi, dan manajemen
waktu. Adapun solusi yang diterapkan untuk mengatasi tantangan tersebut adalah
pengaturan diri dan organisasi waktu. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat
direkomendasikan untuk mahasiswa yang memiliki tantangan dalam PjBL.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Tantangan, Solusi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:11 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:11 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/248 |
