LUTHFIYYAH, NASYWA (2025) PENGARUH MEDIA GOOGLE MY MAPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Dinamika Kependudukan Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Manonjaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (150kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (223kB)
3. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf
Download (150kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (220kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (232kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (310kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (173kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (207kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (159kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (146kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (146kB)
12. BAB 1.pdf
Download (226kB)
13. BAB 2.pdf
Download (452kB)
14. BAB 3.pdf
Download (531kB)
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (235kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (194kB)
18. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (159kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir spasial peserta didik pada mata pelajaran geografi, yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Selain itu, hasil belajar peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yang mencerminkan perlunya inovasi dalam strategi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni (1) Untuk mengetahui penerapan media Google My Maps dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik pada mata pelajaran geografi materi dinamika kependudukan kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Manonjaya (2) Untuk mengetahui pengaruh media Google My Maps dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik pada mata pelajaran geografi materi dinamika kependudukan kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Manonjaya. Metode penelitian ini adalah kuantitaif dengan quasi eksperimen serta desain penelitian ini yaitu pretest-posttest control group class design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik probability sampling dengan menggunakan simple random sampling, dengan sampel penelitian terdiri dari 67 peserta didik dari dua kelas yakni kelas XI IPS 2 (kelas kontrol) dan kelas XI IPS 3 (kelas eksperimen). Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif, analisis statistik, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test dan uji gain. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan bahwa tahapan penerapan media Google My Maps terdapat pada sintaks model Project Based Learning (PjBL), yaitu: pertanyaan mendasar, perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitor kegiatan & pembuatan proyek, penilaian, dan evaluasi. Kemudian hasil dari Uji Paired Sample T-Test memperoleh nilai signifikansi, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari media Google My Maps dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik. Semakin optimal penerapan model dan media tersebut, maka semakin tinggi pula kemampuan berpikir spasial peserta didik pada materi Dinamika Kependudukan.
Kata Kunci: Google My Maps, Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Berpikir Spasial
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 04:13 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 04:13 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2452 |
