PENGARUH MODEL CRITICAL THINKING-INDEPENDENT LEARNING (CTIL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya)

LINDA, DEIS (2025) PENGARUH MODEL CRITICAL THINKING-INDEPENDENT LEARNING (CTIL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMAN 8 Tasikmalaya masih rendah, yang dibuktikan dengan hasil tes keterampilan berpikir kritis dengan rata-rata nilai sebesar 29,53. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model Critical Thinking-Independent Learning (CTIL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi di SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X6 hingga X12 di SMAN 8 Tasikmalaya. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik, peneliti menggunakan pretest dan posttest dengan soal pilihan ganda yang terdiri dari seluruh indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil uji hipotesis diperoleh �ℎ����� > � ������ yaitu 7,08 > 1,67 sehingga �� diterima. Artinya pada taraf signifikansi 5% ada pengaruh model CTIL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas X SMAN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Model CTIL dapat mendorong peserta didik untuk aktif berpikir kritis secara mandiri melalui proses pembelajaran yang melibatkan diskusi kelompok dan penyelidikan mandiri terhadap fenomena dan konsep yang dipelajari.

Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Model CTIL, Usaha dan Energi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 10 Dec 2025 01:06
Last Modified: 10 Dec 2025 01:06
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2376

Actions (login required)

View Item
View Item