WULANSARI, DINA (2025) PENGARUH MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) DENGAN METODE FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TERMODINAMIKA (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI F SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (15kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (192kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (21kB)
4. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (4kB)
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (210kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (80kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (76kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (152kB)
9. BAB 1.pdf
Download (182kB)
10. BAB 2.pdf
Download (279kB)
11. BAB 3.pdf
Download (306kB)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (155kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (92kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Tasikmalaya yang ditunjukkan oleh hasil tes pendahuluan dengan rata-rata persentase sebesar 57,8 dan termasuk dalam kategori “Kurang”. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan metode Flipped Classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model SSCS dengan metode Flipped Classroom terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi termodinamika. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI F di SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 144 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu XI F 2 dan XI F 5. Instrumen tes keterampilan proses sains berbentuk uraian yang terdiri dari 8 nomor yang memuat indikator keterampilan proses sains. Uji normalitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan data bersifat homogen. Oleh karena itu, uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi (� = 0,05). Hasil uji t menunjukkan bahwa �ℎ����� > ������ yaitu 14,83 > 1,67, maka �0 ditolak dan �� diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model SSCS dengan metode Flipped Classroom terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi termodinamika.
Kata kunci: flipped classroom, keterampilan proses sains, model search, solve, create, and share (SSCS), termodinamika.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 06:54 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 06:54 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2348 |
