PENGARUH MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) DENGAN METODE FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TERMODINAMIKA (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI F SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

WULANSARI, DINA (2025) PENGARUH MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) DENGAN METODE FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TERMODINAMIKA (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI F SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (4kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 16. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Tasikmalaya yang ditunjukkan oleh hasil tes pendahuluan dengan rata-rata persentase sebesar 57,8 dan termasuk dalam kategori “Kurang”. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan metode Flipped Classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model SSCS dengan metode Flipped Classroom terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi termodinamika. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI F di SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 144 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu XI F 2 dan XI F 5. Instrumen tes keterampilan proses sains berbentuk uraian yang terdiri dari 8 nomor yang memuat indikator keterampilan proses sains. Uji normalitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan data bersifat homogen. Oleh karena itu, uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi (� = 0,05). Hasil uji t menunjukkan bahwa �ℎ����� > ������ yaitu 14,83 > 1,67, maka �0 ditolak dan �� diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model SSCS dengan metode Flipped Classroom terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi termodinamika.

Kata kunci: flipped classroom, keterampilan proses sains, model search, solve, create, and share (SSCS), termodinamika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 09 Dec 2025 06:54
Last Modified: 09 Dec 2025 06:54
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2348

Actions (login required)

View Item
View Item