PIZAKI, RAYHAN (2024) LEARNING MULTIMODALITY IN THE COURSE OF GRAMMAR IN MULTIMODAL DISCOURSE (GIMD): HIGHLIGHTING THE STUDENTS ‘CHALLENGES AND SOLUTION’. Other thesis, Universitas Siliwangi.
![1. COVER.pdf [thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
1. COVER.pdf
Download (171kB)
![2. APPROVAL SHEET.pdf [thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
![3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf [thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (476kB)
![4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf [thumbnail of 4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (185kB)
![5. PREFACE.pdf [thumbnail of 5. PREFACE.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
5. PREFACE.pdf
Download (89kB)
![6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf [thumbnail of 6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf
Download (93kB)
![7. TABLE OF CONTENTS.pdf [thumbnail of 7. TABLE OF CONTENTS.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
7. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (107kB)
![8. CHAPTER 1.pdf [thumbnail of 8. CHAPTER 1.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
8. CHAPTER 1.pdf
Download (102kB)
![9. CHAPTER 2.pdf [thumbnail of 9. CHAPTER 2.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
9. CHAPTER 2.pdf
Download (106kB)
![10. CHAPTER 3.pdf [thumbnail of 10. CHAPTER 3.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
10. CHAPTER 3.pdf
Download (131kB)
![11. CHAPTER 4.pdf [thumbnail of 11. CHAPTER 4.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (142kB)
![12. CHAPTER 5.pdf [thumbnail of 12. CHAPTER 5.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (25kB)
![13. REFERENCES.pdf [thumbnail of 13. REFERENCES.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
13. REFERENCES.pdf
Download (171kB)
![14. ENCLOSURES.pdf [thumbnail of 14. ENCLOSURES.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![15. BIOGRAPHY.pdf [thumbnail of 15. BIOGRAPHY.pdf]](https://repositori.unsil.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
15. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (32kB)
Abstract
Belajar Multimodality adalah studi yang digunakan pada mata kuliah Grammar in 
Multimodal Discourse tetapi banyak permasalahan pada saat pembelajaran tersebut. 
Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui tantangan dan solusi apa saja ketika 
belajar multimodality di kelas Grammar in Multimodal Discourse. Tujuan penelitian 
ini untuk mengetahui tantangan apa yang dihadapi oleh para mahasiswa dan 
bagaimana solusi untuk mengahadapi tantangan tersebut. Pengumpulan data 
menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Berdasarkan hasil analisis 
data, peneliti menemukan bahwa para mahasiswa memiliki tantangan ketika belajar 
multimodality dan juga memiliki solusi untuk menghadapi tantangan tersebut. Yaitu, 
feel of anxiety, low motivation, lack of Syntax, Vocabulary, Searching References, lack 
of knowledge, challenges of project, technically difficulties, itu adalah tantangan yang 
dihadapi sedangkan solusi dari mahasiswa adalah Reading more sources, and 
Discussion with friends. Tema-tema tersebut adalah: (1) aspek psychological; (2) 
permasalahan teknis ;(3) kurangnya pengetahuan dasar; (4) tantangan pada project; 
(5)banyak membaca sumber (6)diskusi dengan reman. Oleh karena itu penelitian 
menyimpulkan bahwa mahasiswa memiliki beberapa tantangan dan mempunyai solusi 
dalam belajar multimodality. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan 
referensi dan pengetahuan untuk mahasiswa khususnya Bahasa inggris ketika belajar 
multimodality. 
Kata kunci:Belajar Multimodality, Tantangan, Solusi
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris | 
| Depositing User: | irma sri katon | 
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 07:55 | 
| Last Modified: | 27 Oct 2025 07:55 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/217 | 
