PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) BERBANTUAN TRELLO TERHADAP LITERASI DIGITAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025)

ARYATAMA, ARYATAMA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) BERBANTUAN TRELLO TERHADAP LITERASI DIGITAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 5. KATA PENGANTAR & UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
5. KATA PENGANTAR & UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR - DAFTAR.pdf] Text
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 7. BAB 1.pdf] Text
7. BAB 1.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 8. BAB 2.pdf] Text
8. BAB 2.pdf

Download (798kB)
[thumbnail of 9. BAB 3.pdf] Text
9. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 10. BAB 4.pdf] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[thumbnail of 11. BAB 5.pdf] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 13. LAMPIRAN.pdf] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Challenge Based Learning (CBL) berbantuan trello terhadap literasi digital dan
kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas X SMA
Negeri 3 Ciamis tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Agustus 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 3 Ciamis dengan jumlah
peserta didik 415 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan purposive
sampling sehingga diperoleh dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas X-E11
sebanyak 34 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E9 sebanyak 34
peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini
adalah non tes berupa angket literasi digital sebanyak 13 butir pernyataan dan tes
uraian kemampuan berpikir kritis sebanyak 12 soal esai. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji t independent dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan
hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi
literasi digital sebesar 0,02 dan kemampuan berpikir kritis sebesar 0,03, keduanya
lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian model
pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) berbantuan trello berpengaruh baik
terhadap literasi digital dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada
pembelajaran biologi di kelas X SMA Negeri 3 Ciamis tahun ajaran 2024/2025.
Kata kunci: Challenge Based Learning, Trello, Literasi Digital, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 27 Oct 2025 04:13
Last Modified: 27 Oct 2025 04:13
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item
View Item