ARYATAMA, ARYATAMA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) BERBANTUAN TRELLO TERHADAP LITERASI DIGITAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 3 Ciamis Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (220kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (279kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (213kB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (264kB)
5. KATA PENGANTAR & UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (232kB)
6. DAFTAR - DAFTAR.pdf
Download (256kB)
7. BAB 1.pdf
Download (250kB)
8. BAB 2.pdf
Download (798kB)
9. BAB 3.pdf
Download (1MB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (890kB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (210kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (225kB)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Challenge Based Learning (CBL) berbantuan trello terhadap literasi digital dan
kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas X SMA
Negeri 3 Ciamis tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan
Agustus 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 3 Ciamis dengan jumlah
peserta didik 415 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan purposive
sampling sehingga diperoleh dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas X-E11
sebanyak 34 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E9 sebanyak 34
peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini
adalah non tes berupa angket literasi digital sebanyak 13 butir pernyataan dan tes
uraian kemampuan berpikir kritis sebanyak 12 soal esai. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji t independent dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan
hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi
literasi digital sebesar 0,02 dan kemampuan berpikir kritis sebesar 0,03, keduanya
lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian model
pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) berbantuan trello berpengaruh baik
terhadap literasi digital dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada
pembelajaran biologi di kelas X SMA Negeri 3 Ciamis tahun ajaran 2024/2025.
Kata kunci: Challenge Based Learning, Trello, Literasi Digital, Berpikir Kritis.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 04:13 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 04:13 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/150 |
