PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA PRODUK FASHION (Studi Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2022)

SETIAWAN, ANGGI (2025) PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA PRODUK FASHION (Studi Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2022). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of Lembar pengesahan.pdf] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of Lembar pernyataan.pdf] Text
Lembar pernyataan.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Ucapan Terimakasih.pdf] Text
Ucapan Terimakasih.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of Daftar Tabel.pdf] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Daftar Gambar.pdf] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Daftar Lampiran.pdf] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Bab1.pdf] Text
Bab1.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Bab2.pdf] Text
Bab2.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of Bab3.pdf] Text
Bab3.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of Bab4.pdf] Text
Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[thumbnail of Bab5.pdf] Text
Bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini mengenai perilaku konsumtif yang terjadi pada mahasiswa pendidikan ekonomi pada produk fashion. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan, uang saku yang mereka terima dari orangtua cenderung membeli produk fashion tanpa perencanaan sehingga mereka bertindak boros. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada produk fashion. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan desain eksplanatori. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2022 yang berjumlah 134 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner tertutup dan teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi R2, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai signifikansi (0,036 < 0,05). 2) Terdapat pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai signifikansi (0,009 < 0,05). 3) Terdapat konformitas teman sebaya dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Simpulan dari penelitian ini yaitu konformitas teman sebaya dan literasi ekonomi berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada produk fashion.

Kata Kunci : Konformitas Teman Sebaya, Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 17 Nov 2025 03:04
Last Modified: 17 Nov 2025 03:04
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item
View Item