SETIAWAN, ANGGI (2025) PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PADA PRODUK FASHION (Studi Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2022). Other thesis, Universitas Siliwangi.
Cover.pdf
Download (40kB)
Lembar pengesahan.pdf
Download (60kB)
Lembar pernyataan.pdf
Download (62kB)
Abstrak.pdf
Download (91kB)
Kata Pengantar.pdf
Download (171kB)
Ucapan Terimakasih.pdf
Download (88kB)
Daftar Isi.pdf
Download (102kB)
Daftar Tabel.pdf
Download (90kB)
Daftar Gambar.pdf
Download (84kB)
Daftar Lampiran.pdf
Download (87kB)
Bab1.pdf
Download (233kB)
Bab2.pdf
Download (277kB)
Bab3.pdf
Download (467kB)
Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (452kB)
Bab5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (102kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (65kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Masalah dalam penelitian ini mengenai perilaku konsumtif yang terjadi pada mahasiswa pendidikan ekonomi pada produk fashion. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan, uang saku yang mereka terima dari orangtua cenderung membeli produk fashion tanpa perencanaan sehingga mereka bertindak boros. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada produk fashion. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan desain eksplanatori. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2022 yang berjumlah 134 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner tertutup dan teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi R2, uji t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai signifikansi (0,036 < 0,05). 2) Terdapat pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai signifikansi (0,009 < 0,05). 3) Terdapat konformitas teman sebaya dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Simpulan dari penelitian ini yaitu konformitas teman sebaya dan literasi ekonomi berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada produk fashion.
Kata Kunci : Konformitas Teman Sebaya, Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumtif
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 03:04 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 03:04 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1280 |
