Faisal, Muhammad (2025) ANALISIS SISTEM ANTREAN NASABAH MENGGUNAKAN MODEL ANTREAN MULTI CHANNEL-SINGLE PHASE PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. UNIT RAJAPOLAH. Diploma thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER LUAR_M.FAISAL.pdf
Download (48kB)
2. COVER DALAM_M.FAISAL.pdf
Download (10kB)
3.LEMBAR PENGESAHAN_M.FAISAL.pdf
Download (184kB)
4. LEMBAR ORISINALITAS TUGAS AKHIR_M.FAISAL..pdf
Download (257kB)
5. LEMBAR PERSEMBAHAN_M.FAISAL.pdf
Download (65kB)
6. ABSTRAK_M.FAISAL.pdf
Download (67kB)
7. ABSTRACT_M.FAISAL.pdf
Download (64kB)
8. KATA PENGANTAR_M.FAISAL.pdf
Download (45kB)
9. DAFTAR ISI_M.FAISAL.pdf
Download (14kB)
10. DAFTAR TABEL_M.FAISAL.pdf
Download (28kB)
11. DAFTAR GAMBAR_M.FAISAL.pdf
Download (9kB)
12. DAFTAR SIMBOL_M.FAISAL.pdf
Download (37kB)
13. BAB 1_M.FAISAL.pdf
Download (161kB)
14. BAB 2_M.FAISAL.pdf
Download (353kB)
15. BAB 3_M.FAISAL.pdf
Download (38kB)
16. BAB 4_M.FAISAL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (217kB)
17. BAB 5_M.FAISAL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (75kB)
18. DAFTAR PUSTAKA_M.FAISAL.pdf
Download (144kB)
19. LAMPIRAN_M.FAISAL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (313kB)
20. BIODATA PENULIS_M.FAISAL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem antrean nasabah pada layanan
Customer Service di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Rajapolah
dengan menggunakan pendekatan model Multi Channel-Single Phase. Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh tingginya volume nasabah yang datang ke kantor layanan,
terutama pada waktu-waktu sibuk, yang menyebabkan antrean panjang dan waktu
tunggu yang cukup lama. Permasalahan yang dibahas meliputi implementasi sistem
antrean, hambatan-hambatan yang dihadapi, upaya penanggulangan, serta analisis
kuantitatif kinerja sistem antrean. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif
kualitatif dan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara
mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis kuantitatif dilakukan
dengan menghitung parameter sistem antrean seperti laju kedatangan (λ), laju
pelayanan (μ), tingkat utilisasi (ρ), jumlah nasabah dalam antrean (Lq), dan waktu
tunggu rata-rata (Wq), sesuai model Multi Channel-Single Phase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sistem antrean telah berjalan sesuai struktur teoritis model
antrean, namun masih terdapat hambatan seperti lonjakan kedatangan nasabah,
ketidakseimbangan beban kerja antar-layanan, keterbatasan fasilitas, serta
gangguan teknis pada sistem antrean. Tingkat utilisasi sistem mencapai 87,5%,
dengan waktu tunggu dalam antrean mencapai 24,5 menit, menunjukkan bahwa
sistem bekerja dalam kondisi padat dan mendekati batas kapasitas maksimal.
Kata Kunci: Sistem Antrean, Multi Channel-Single Phase, Customer Service, Bank,
Waktu Tunggu
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Keuangan dan Perbankan (DIII) |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 07:55 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 07:55 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1161 |
