EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya)

ISLAMIYATI, DEWI (2019) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsiku dewi islamiyati pewnd.matematika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari suatu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan saintifik dan model pembelajaran Discovery Learning (DL) melalui pendekatan saintifik dalam kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan pemecahan masalah matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dan kontrol sebagai pembanding keefektifan dari suatu model tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan tes kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan pemecahan masalah matematis. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan pemecahan masalah matematis. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Tasikmalaya yang berjumlah 9 kelas. Sampel dipilih secara acak menurut kelas, sehingga kelas VIII A yang terpilih sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan saintifik. Sedangkan kelas VIII E yang terpilih sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning (DL) melalui pendekatan saintifik. Teknik analisis data dalam uji hipotesis digunakan uji proporsi satu pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model Problem Based Learning melalui pendekatan scientific efektif dalam kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan pemecahan masalah matematis. Model Discovery Learning melalui pendekatan scientific efektif dalam kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan pemecahan masalah matematis. Dan model Problem Based Learning (PBL) melalui pendekatan saintifik lebih efektif daripada Discovery Learning melalui pendekatan scientific dalam kemampuan berpikir berpikir kritis dengan menggunakan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata kunci: Efektivitas, model Problem Based Learning melalui pendekatan Scientific, dan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan pemecahan masa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Sep 2019 01:59
Last Modified: 12 Sep 2019 01:59
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item View Item