NOVITA, VINDI (2022) STUDENTS’ LEARNING ENGAGEMENT IN AN ONLINE ACADEMIC LISTENING AND SPEAKING CLASS: INSIGHTS FROM A STATE UNIVERSITY IN INDONESIA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
3. TTD 5 PENGUJI.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
7. PREFACE.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
9. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
10. LIST OF TABLES.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
11. LIST OF ENCLOSURES.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
12. CHAPTER 1.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
13. CHAPTER 2.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
14. CHAPTER 3.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
15. CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
![]() |
Text
16. CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
![]() |
Text
17. REFERENCES.pdf Download (253kB) |
Abstract
ABSTRAK VINDI NOVITA, 2022. “Students’ Learning Engagement in an Online Learning Academic Listening and Speaking Class: Insights from a State University in Indonesia”. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Dengan adanya pergeseran pembelajaran yang tiba-tiba dari pembelajaran tradisional atau konvensional ke pembelajaran daring, keterlibatan pelajar di kelas kembali menjadi perhatian. Keterlibatan pelajar di kelas selalu menjadi hal yang rumit untuk diteliti namun penting bagi departemen pendidikan, terutama di negara yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing. Keterlibatan pelajar dalam pembelajaran daring sendiri merupakan indikator yang dimiliki pelajar dalam belajar untuk mencapai tujuannya. Secara empiris, ada berbagai penelitian tentang pembelajaran mendengarkan dan berbicara bahasa Inggris dan/atau keterlibatan pelajar, namun studi tentang keterlibatan pelajar dalam keterampilan mendengarkan dan berbicara secara akademis, terutama dalam konteks pendidikan tinggi Indonesia dan juga dalam pembelajaran daring masih sedikit. Untuk alasan ini, penelitian ini berusaha untuk menggambarkan bagaimana pelajar terlibat dalam pembelajaran daring dari kelas Academic Listening and Speaking di sebuah universitas, juga berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dengan menggunakan teknik thematic analysis, penelitian kualitatif ini menyimpulkan bahwa pelajar (1) terlibat secara kognitif dengan memahami materi dan aktivitas pembelajaran dalam mata kuliah ALS online, (2) terlibat secara emosional dengan menikmati aktivitas pembelajaran di kelas, dan (3) terlibat secara tingkah laku dengan berpartisipasi dalam berdisukusi, menyiapkan strategi penyelesaian masalah juga mengaplikasikan norma belajar daring. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah (1) hubungan pelajar dan guru, (2) dukungan teman sebaya dan (3) semangat belajar untuk mata kuliah Academic Listening and Speaking. Kata Kunci: Academic Listening and Speaking course, keterlibatan pelajar, pelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 06:39 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 06:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |