PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2022/2023)

NAILATUNNAZA, NISWA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (587kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR DAN UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (331kB)
[img] Text
7.DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (26kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (384kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (815kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)

Abstract

ABSTRAK NISWA NAILATUNNAZA. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa (Studi kuasi eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2022/2023). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) setelah perlakuan. Metode penelitian ini menggunakan Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design atau desain berbentuk kelompok kontrol dan eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 4 Tasikmalaya yaitu sebanyak 214 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 5 sebagai kelas ekperimen sebanyak 36 siswa dan kelas XI IPS 6 sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan bantuan IBM SPSS Statistik 23 dengan teknik analisis data yaitu uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa : 1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning sebelum dan sesudah perlakuan; 2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) sebelum dan sesudah perlakuan; 3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional sesudah perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning lebih efektif digunakan di kelas XI IPS SMA N 4 Tasikmalaya dari pada model pembelajaran konvensional (ceramah). Kata kunci : Model, Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil, Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:18
Last Modified: 08 Feb 2023 07:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8424

Actions (login required)

View Item View Item