NAILATUNNAZA, NISWA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (40kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (587kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (186kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (156kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR DAN UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (331kB) |
|
Text
7.DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (26kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (342kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (384kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (815kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (328kB) |
Abstract
ABSTRAK NISWA NAILATUNNAZA. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa (Studi kuasi eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2022/2023). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) setelah perlakuan. Metode penelitian ini menggunakan Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design atau desain berbentuk kelompok kontrol dan eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 4 Tasikmalaya yaitu sebanyak 214 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 5 sebagai kelas ekperimen sebanyak 36 siswa dan kelas XI IPS 6 sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan bantuan IBM SPSS Statistik 23 dengan teknik analisis data yaitu uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa : 1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning sebelum dan sesudah perlakuan; 2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) sebelum dan sesudah perlakuan; 3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional sesudah perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning lebih efektif digunakan di kelas XI IPS SMA N 4 Tasikmalaya dari pada model pembelajaran konvensional (ceramah). Kata kunci : Model, Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil, Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 07:18 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 07:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/8424 |
Actions (login required)
View Item |