ACCOMPANYING INDONESIAN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS AMID ONLINE ENGLISH LEARNING ACTIVITIES: INSIGHT FROM THE MOTHERS’ EXPERIENCES

Jannah, Ilmiatul (2021) ACCOMPANYING INDONESIAN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS AMID ONLINE ENGLISH LEARNING ACTIVITIES: INSIGHT FROM THE MOTHERS’ EXPERIENCES. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (377kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (420kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (297kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)

Abstract

ABSTRAK Ilmiatul Jannah, 2021. “Accompanying Indonesian Elementary School Students amid Online English Learning Activities: Insight from The Mothers’ Experiences”. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Pengimplementasian dari Belajar Dari Rumah (BDR) membawa banyak hambatan bagi seluruh elemen pendidikan, khususnya orang tua dari siswa Sekolah Dasar atau walinya yang secara tiba-tiba menjadi seorang fasilitator, guru sementara, dan pelatih tanpa persiapan dan pengalaman mengajar (Cohen & Kupferschmidt, 2020) dalam pembelajaran daring Bahasa Inggris. Sayangnya, penelitian tentang pembelajaran daring dari perspektif orang tua masih diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pengalaman ibu dalam membimbing anak mereka di tingkat sekolah dasar dalam pembelajaran Bahasa Inggris secara daring di Indonesia. Dalam upaya pengumpulan data, penelitian ini melakukan wawancara pada dua orang ibu sebagai partisipan penelitian yang bertempat di daerah Jawa Barat. Data dari wawancara dianalisis menggunakan analisis tematik yang diusung oleh Braun & Clarke (2006). Ada tiga tema yang ditemukan, di antaranya: (1) Ibu sebagai asisten belajar; (2) Ibu sebagai motivator; dan (3) Ibu sebagai fasilitator. Di dalam tema pertama, terdapat tiga sub-tema di antaranya: (1) Bimbingan ibu dan tantangan selama pembelajaran Bahasa Inggris secara daring; (2) Drilling yang bersifat instruksional melalui peninjauan materi ajar (3) Pengetahuan ibu terhadap materi ajar pembelajaran Bahasa Inggris. Dalam tema yang kedua, terdapat dua sub-tema yaitu: (1) Strategi ibu dalam memotivasi selama aktivitas pembelajaran daring dan (2) Penguatan belajar selama pembelajaran daring. Dan tema yang terakhir memiliki satu sub-tema yaitu: (1) Memfasilitasi alat teknologi pendukung untuk pembelajaran Bahasa Inggris secara daring. Secara pedagogis, keberhasilan pembelajaran Bahasa Inggris bagi pembelajar muda tidak lepas dari peran orangtua, khususnya ibu sebagai asisten belajar. Singkatnya, membekali mereka untuk memiliki pengetahuan pedagogis dan konten yang memadai tetap penting untuk mendapatkan kualitas pendidikan Bahasa Inggris yang lebih baik di masa depan. Kata kunci: Pengalaman, ibu siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran Bahasa Inggris secara daring, Belajar di Rumah, Studi Kasus Deskripsi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:54
Last Modified: 01 Apr 2022 02:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5279

Actions (login required)

View Item View Item