RAHAYU, MILA SITI (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY – TWO STRAY (TS – TS) BERBANTUAN PLATFORM PEMBELAJARAN KAHOOT! PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
3. PENGUJI.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
9. BAB I.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
10. BAB II.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
11. BAB III.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
![]() |
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
![]() |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 9 Tasikmalaya yaitu rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan cooperative learning tipe Two Stay – Two Stray (TS-TS) berbantuan platform pembelajaran kahoot pada mata Pelajaran ekonomi terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design, serta Teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk soal esai. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Tasikmalaya yang berjumlah 180. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS B3 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS C2 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan software SPSS 23 yaitu uji paired samples T-Test dan independent Samples T-Test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig.(2-Tailed) 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat di ketahui bahwa terdapat efektivitas penggunaan model cooperative learning tipe two stay-two stray (TS-TS) berbantuan platform pembelajaran Kahoot terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Two Stay – Two Stray (TS-TS), Berpikir Kreatif, Platform Kahoot.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 02:17 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 02:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15022 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |