EFEKTIVITAS PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY – TWO STRAY (TS – TS) BERBANTUAN PLATFORM PEMBELAJARAN KAHOOT! PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Tasikmalaya)

RAHAYU, MILA SITI (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY – TWO STRAY (TS – TS) BERBANTUAN PLATFORM PEMBELAJARAN KAHOOT! PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (215kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (197kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (102kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (315kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 9 Tasikmalaya yaitu rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan cooperative learning tipe Two Stay – Two Stray (TS-TS) berbantuan platform pembelajaran kahoot pada mata Pelajaran ekonomi terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design, serta Teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk soal esai. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Tasikmalaya yang berjumlah 180. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS B3 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS C2 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan software SPSS 23 yaitu uji paired samples T-Test dan independent Samples T-Test dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig.(2-Tailed) 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat di ketahui bahwa terdapat efektivitas penggunaan model cooperative learning tipe two stay-two stray (TS-TS) berbantuan platform pembelajaran Kahoot terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Two Stay – Two Stray (TS-TS), Berpikir Kreatif, Platform Kahoot.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:17
Last Modified: 31 Jan 2025 02:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15022

Actions (login required)

View Item View Item