MUBAROK, ADINDA QORI (2024) PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (303kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (259kB) |
|
Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (103kB) |
|
Text
5. REKOMENDASI SIDANG.pdf Download (283kB) |
|
Text
6. REKOMENDASI SEMHAS.pdf Download (264kB) |
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (299kB) |
|
Text
9. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (77kB) |
|
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) |
|
Text
11. DAFTAR TABEL.pdf Download (50kB) |
|
Text
12. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (42kB) |
|
Text
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (49kB) |
|
Text
14. BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text
15. BAB II.pdf Download (524kB) |
|
Text
16. BAB III.pdf Download (357kB) |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
|
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text
20. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
21. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Singaparna bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik masih kurang kreatif. Guru Fisika di SMA Negeri 1 Singaparna sudah menerapkan model Pembealajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) pada materi tertentu, namun belum pernah meninjau keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan model Project Based Learning (PjBL). Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Singaparna tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 12 kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik proposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-5 dan kelas X-8 yang telah diuji homogenitas dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 30 peserta didik. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik diukur dengan melakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest) berbentuk essay dengan jumlah soal 8 butir soal pada materi pemanasan global. Teknik analisis data yang akan digunakan adalah uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t dua pihak, serta uji N-gain. Hasil analisis data uji hipotesis mengunakan uji t dua pihak pada taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:41 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:41 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14925 |
Actions (login required)
View Item |