PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024)

MUBAROK, ADINDA QORI (2024) PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
5. REKOMENDASI SIDANG.pdf

Download (283kB)
[img] Text
6. REKOMENDASI SEMHAS.pdf

Download (264kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (299kB)
[img] Text
9. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (77kB)
[img] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
11. DAFTAR TABEL.pdf

Download (50kB)
[img] Text
12. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (42kB)
[img] Text
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
14. BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
15. BAB II.pdf

Download (524kB)
[img] Text
16. BAB III.pdf

Download (357kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
20. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
21. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Singaparna bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik masih kurang kreatif. Guru Fisika di SMA Negeri 1 Singaparna sudah menerapkan model Pembealajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) pada materi tertentu, namun belum pernah meninjau keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan model Project Based Learning (PjBL). Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Singaparna tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 12 kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik proposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-5 dan kelas X-8 yang telah diuji homogenitas dengan jumlah masing-masing kelas sebanyak 30 peserta didik. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik diukur dengan melakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest) berbentuk essay dengan jumlah soal 8 butir soal pada materi pemanasan global. Teknik analisis data yang akan digunakan adalah uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t dua pihak, serta uji N-gain. Hasil analisis data uji hipotesis mengunakan uji t dua pihak pada taraf signifikansi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:41
Last Modified: 20 Jan 2025 07:41
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14925

Actions (login required)

View Item View Item