PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PERSUASI (Eksperimen pada Peserta Didik kelas VIII SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Ihwani, Ayuni Sofa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS PERSUASI (Eksperimen pada Peserta Didik kelas VIII SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (918kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (226kB)
[img] Text
6. DAFTAR DAFTAR.pdf

Download (744kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (621kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (497kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik SMP kelas VIII adalah teks persuasi yakni kompetensi dasar 3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks dan KD 4.14 Menyajikan teks persuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) terhadap Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Serta Menyajikan Teks Persuasi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah eksperiman semu. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, tes, dan wawancara. Hasil pengolahan data yang diperoleh rata-rata nilai pretest dan postest . Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen KD 3.14 adalah 38,48, sedangkan nilai rata-rata postest adalah 83,48. Kemudian untuk KD 4.14 nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 47,76. Sedangkan nilai rata-rata postest adalah 83,72. Sementara itu, nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol KD 3.14 adalah 29,44. Sedangkan nilai rata-rata postest adalah 56,40. Kemudian untuk KD 4.14 nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 45,72. Sedangkan nilai rata-rata postest adalah 62,08. Hasil uji normalitas data menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks persuasi, diketahui semua berdistribusi tidak normal. Dengan demikian perhitungan data dilanjutkan dengan menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan uji wilcoxon dengan menggunakan SPSS 20 diperoleh hasil Asymp.Sig. (2 tailed) sebesar 0,001< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:14
Last Modified: 27 Dec 2024 02:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14760

Actions (login required)

View Item View Item