PENERAPAN SERVICE EXCELLENCE OLEH CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk. KCP KAWALI

Setiawan, Rangga Agus (2024) PENERAPAN SERVICE EXCELLENCE OLEH CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk. KCP KAWALI. Diploma thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (47kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (121kB)
[img] Text
6. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (310kB)
[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (394kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (202kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (202kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (145kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (175kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf

Download (460kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan service excellence oleh customer service dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Kawali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan customer service dan observasi langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan service excellence yang efektif mampu meningkatkan kepuasan nasabah, namun terdapat beberapa hambatan yang perlu diatasi, seperti keterbatasan sumber daya, koordinasi internal yang kurang efektif, dan keterbatasan kompetensi teknis customer service. Di sisi eksternal, persaingan yang ketat dengan bank lain, tantangan ekonomi, dan perubahan perilaku konsumen juga menjadi kendala dalam meningkatkan jumlah nasabah. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, solusi yang diusulkan meliputi peningkatan pelatihan dan pengembangan keterampilan customer service, penambahan sumber daya yang memadai, serta penguatan koordinasi antar departemen. Selain itu, perusahaan perlu melakukan strategi pemasaran yang lebih efektif dan adaptif terhadap perubahan kebutuhan dan preferensi nasabah. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi PT Bank Negara Indonesia dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan jumlah nasabah di masa mendatang. Kata Kunci: Service excellence, Customer service, Jumlah Nasabah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Keuangan dan Perbankan
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Dec 2024 02:14
Last Modified: 20 Dec 2024 02:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14746

Actions (login required)

View Item View Item