INDONESIAN STUDENTS’ PERCEPTIONS ON ROLE PLAY IN EFL SPEAKING CLASSROOM: A CASE STUDY AT ONE OF THE SENIOR HIGH SCHOOLS IN TASIKMALAYA

HAKIM, LUKMAN (2024) INDONESIAN STUDENTS’ PERCEPTIONS ON ROLE PLAY IN EFL SPEAKING CLASSROOM: A CASE STUDY AT ONE OF THE SENIOR HIGH SCHOOLS IN TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (258kB)
[img] Text
02 Approval Sheet page II.pdf

Download (240kB)
[img] Text
03 Approval Sheet page iii .pdf

Download (204kB)
[img] Text
04 Lembar Pernyataan (iv)_Fix.pdf

Download (180kB)
[img] Text
05 Abstrak.pdf

Download (143kB)
[img] Text
06 Abstract.pdf

Download (258kB)
[img] Text
07 Preface.pdf

Download (258kB)
[img] Text
08 Acknwoledgment.pdf

Download (369kB)
[img] Text
09 Table of Content.pdf

Download (262kB)
[img] Text
10 List of Table.pdf

Download (142kB)
[img] Text
11 List of Enclosures.pdf

Download (142kB)
[img] Text
12 Chapter 1.pdf

Download (371kB)
[img] Text
13 Chapter 2.pdf

Download (386kB)
[img] Text
14 Chapter 3.pdf

Download (284kB)
[img] Text
15 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
16 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
17 References.pdf

Download (411kB)
[img] Text
18 Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan berbicara telah menjadi keterampilan utama dalam bahasa karena keterampilan ini membawa siswa untuk beradaptasi dan berkomunikasi dengan bahasa internasional. Diperlukan metode yang efektif untuk memperoleh keterampilan berbicara, dalam penelitian ini role play diasumsikan sebagai metode yang efektif. Untuk mengetahui role play sebagai metode yang efektif di sekolah menengah atas khususnya, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Sebuah studi kasus deskriptif digunakan sebagai desain penelitian, dan wawancara semi terstruktur dipilih sebagai teknik pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptif oleh Miles dan Huberman berdasarkan pengalaman siswa tentang peristiwa, proses dan struktur kehidupan mereka dalam situasi kelas. Partisipan adalah dua siswa kelas 11 dari salah satu sekolah menengah atas di Tasikmalaya yang dipilih berdasarkan jawaban tertinggi yaitu sangat setuju dan sangat tidak setuju dalam penelitian pra-observasi. Siswa memiliki perbedaan persepsi yang signifikan. Siswa memiliki persepsi yang relatif positif terhadap metode bermain peran dalam pembelajaran berbicara seperti mendapatkan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara, dan meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Sedangkan persepsi negatifnya adalah memakan waktu yang lama dalam prosesnya dan kurangnya dukungan dari partner selama kegiatan bermain peran berlangsung. Kesimpulannya, proses belajar mengajar dengan menggunakan metode role play dapat menjawab metode yang efektif untuk memaksimalkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Bermain peran, pengajaran bahasa Inggris, persepsi siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Nov 2024 01:22
Last Modified: 08 Nov 2024 01:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14633

Actions (login required)

View Item View Item