IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS QR CODE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X SMAN 3 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024)

Risda, Dwi Diana (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS QR CODE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X SMAN 3 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 3 Ciamis yaitu kurang optimalnya hasil belajar peserta didik khususnya dalam pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan desain non equivalent kontrol group design, Serta Teknik pengumpulan data melalui test uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMAN 3 Ciamis pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 373 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas X-E 2 yang berjumlah 34 orang sebagai kelas ekperimen dan kelas X-E 1 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purpose. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi model Discovery Learning berbantuan media flash card berbasis QR code terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan media flash card berbasis QR code terhadap hasil belajar peserta didik pada materi harga keseimbangan pasar, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2-tailed) ≤0.05 dan berddasarkan penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model Discovery Learning berbantuan media flash card berbasis QR code dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Discovery Learning, Flash card, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Oct 2024 04:23
Last Modified: 09 Oct 2024 04:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14475

Actions (login required)

View Item View Item