FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PELAKU USAHA UNTUK MENGAJUKAN SERTIFIKASI HALAL PRODUK UMKM DI KOTA TASIKMALAYA

TINI, IMAS (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PELAKU USAHA UNTUK MENGAJUKAN SERTIFIKASI HALAL PRODUK UMKM DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (165kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
5. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN.pdf

Download (251kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (154kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (371kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (399kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (486kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sertifikasi halal menjadi wajib dilakukan oleh pelaku usaha setelah adanya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Kewajiban sertifikasi halal dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap pertama dimulai pada 17 Oktober 2019 hingga 17 Oktober 2024, khusus untuk produk makanan dan minuman. Minat pelaku usaha di Kota Tasikmalaya dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan tentang sertifikasi halal, yang menyebabkan mereka yakin bahwa makanan yang mereka jual sudah halal karena mereka adalah Muslim. Kurangnya pemahaman tentang regulasi disebabkan oleh minimnya literasi dan sosialisasi dari pihak terkait. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemahaman, biaya, kesadaran, dan keyakinan terhadap minat pelaku usaha untuk mengajukan sertifikasi halal produk UMKM di Kota Tasikmalaya. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan penggunaan model regresi yang mencakup pendekatan Ordinary Least Square (OLS) dan uji statistic nonparametric dan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku usaha di Kota Tasikmalaya dengan sampel sebanyak 98 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemahaman dan faktor biaya tidak berpengaruh signigikan terhadap minat pelaku usaha untuk mengajukan sertifikasi halal produk UMKM di Kota Tasikmalaya. Faktor kesadaran dan faktor Keyakinan berpengaruh signifikan terhadap minat pelaku usaha untuk mengajukan Sertifikasi halal produk UMKM di Kota Tasikmalaya. Pemahaman, biaya, kesadaran, dan keyakinan memainkan peran penting dalam minat pelaku usaha untuk mengajukan sertifikasi halal produk UMKM. Pemahaman terkait prosedur dan manfaat sertifikasi halal, serta biaya yang diperlukan, berpotensi menjadi hambatan atau pendorong. Kesadaran akan pentingnya produk halal, serta keyakinan atas proses dan bahan baku yang sesuai dengan syariat, menjadi faktor krusial dalam meningkatkan minat pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikasi tersebut.Oleh karena itu perlu adanya keterlibatan lemabaga/instansi dalam memperluas literasi atau sosialisasinya mengenai pengajuan sertifikasi halal produk kepada pelaku usaha di Kota Tasikmalaya supaya minat mereka untuk mengajukan sertifikasi halal semakin tinggi atau meningkat. Kata Kunci: Pemahaman, Biaya, Kesadaran, Keyakinan, Minat Pelaku Usaha

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:50
Last Modified: 03 Sep 2024 08:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13994

Actions (login required)

View Item View Item